Arab Saudi Umumkan Kasus Corona Pertama

Pemerintah Arab Saudi mengumumkan kasus virus corona atau Covid-19 pertama.

Adalah pria Arab Saudi yang baru kembali dari Iran melalui Bahrain yang terinfeksi corona.


Pengumuman tersebut disampaikan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi pada Senin (2/3) melalui akun resmi Twitter kementerian yang dikutip dari Reuters.

Menurut keterangan kementerian, saat ini pria tersebut telah dikarantina di rumah sakit. Sebelumnya, pria tersebut menyembunyikan perjalanannya ke Iran ketika tiba di Arab Saudi.

Oleh karenanya, kementerian menyatakan siapa pun yang pernah terlibat interaksi dengan pria tersebut akan diisolasi dan dites corona.

Iran sendiri saat ini mempunyai laporan kasus kematian yang tinggi, di bawah China. Banyak kasus di negara-negara Teluk Arab memiliki keterkaitan dengan Iran.

Misalnya saja Bahrain yang menyatakan dua orang telah positif terinfeksi. Dua orang tersebut adalah perempuan Bahrain dan pria Arab Saudi.

Keduanya disebutkan telah melakukan perjalanan dari Iran. Pekan lalu, Arab Saudi sendiri telah mengambil sejumlah langkah pencegahan penyebaran. Termasuk dengan melarang warga asing dari negara-negara terinfeksi untuk menjalani ibadah umrah.