Rutan Medaeng Buka Layanan Drive Thru

Rutan Kelas I Surabaya (Medaeng) membuka layanan drive thru bagi pengunjung yang hendak membesuk keluarganya.


Layanan drive thru ini dilakukan untuk meminimalisir kontak langsung antara pengunjung dengan warga binaan pemasyarakatan (WBP) ditengah kondisi pandemi Covid-19.

Kepala Rutan Medaeng, Handaru mengatakan, setiap pengunjung yang hendak menitipkan barang untuk keluarganya tidak perlu turun dari kendaraannya. Petugas akan memeriksa barang terlebih dahulu, setelah dinyatakan aman, penitip barang baru boleh pergi. 

"Pengguna layanan tidak perlu repot turun dari kendaraan, sambil menunggu juga bisa menikmati hiburan musik dari grup band WBP," katanya dikutip Kantor Berita RMOLJatim pada wartawan, Senin (25/5).

Sementara itu, Kasi Pelayanan Tahanan Rutan Medaeng, Ahmad Nuri Dhuka mengatakan, pelayanan drive thru ini sebagai upaya institusinya memutus rantai penyebaran virus corona.

"Kami memang meniadakan kunjungan atau lockdown, karena satu aja ada yang tertular dampaknya begitu besar,"ujarn

Layanan drive thru di Rutan Medaeng ini mendapatkan apresiasi dari Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono.

Menurutnya, layanan ini mempermudah masyarakat dalam menitipkan barang untuk keluarganya yang memang tidak boleh dikunjungi selama masa pandemi. Apalagi, momen hari raya Idul Fitri membuat keluarga WBP semakin antusias.

"Inovasi kinerja ini sesuai dengan semangat PSBB, untuk menghindari kerumunan dan tetap jaga jarak,"tandasnya usai berkunjung ke Rutan Medaeng.

Dari pantauan, untuk memastikan barang bawaan pengunjung bukan barang berbahaya, petugas layanan drive thru terlebih dulu melakukan pemeriksaan melalui X Ray. Setelah dinyatakan aman barulah diantar ke warga binaan.