Rapid Test Pelindo III Mulai Jangkau Madura

Bantuan rapid test Covid-19 gratis yang digelar Pelindo III kini menjangkau wilayah Madura.


Warga yang berada di sekitar Pelabuhan Kalianget Sumenep dan para calon penumpang nampak antusias mengikuti program tersebut.

“Pelaksanaan rapid test gratis kini difokuskan pada wilayah-wilayah luar yang memiliki akses cukup jauh dengan fasilitas kesehatan, terutama rujukan Covid-19,” kata Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III, Toto Heliyanto, melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (6/6).

Harapannya, langkah ini memperkuat upaya pemerintah menekan penyebaran pandemi tersebut. Terlebih, Pelabuhan Kalianget merupakan salah satu pintu masuk di Madura.

Pihaknya, lanjut Toto, terus berupaya menjangkau lokasi lokasi yang mungkin belum mendapat fasilitas rapid test secara masif. Salah satunya di kawasan Pelabuhan Kalianget Madura ini.

“Harapannya program ini bisa memberikan menekan penyebaran pandemi di Sumenep sekaligus mengedukasi masyarakat untuk lebih peduli kesehatan dengan pendeteksian dini seperti saat ini,” jelasnya.

Sekedar diketahui, dengan memberlakukan protokol kesehatan Covid-19 ketat dan dibantu oleh petugas keamanan dari TNI/Polri, tim medis dari KKP setempat dan Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Daerah Sumenep melayani rapid test calon penumpang di Pelabuhan Kalianget Sumenep Madura pada Jumat (5/6).

Sebanyak 3.500 alat rapid test gratis disiapkan Pelindo III untuk melayani proses rapid test para calon penumpang sesaat sebelum mereka sebelum mereka berpergian ke Pelabuhan Jangkar Situbondo.