Sudah Dibuka, Pasar Hewan Masih Sepi Pembeli

Baru pertama kalinya pasar hewan dibuka di tengah pagebluk virus corona ternyata masih belum normal sepenuhnya. Pemandangan seperti itu terlihat di pasar hewan milik Pemkab Ngawi yang berada di Desa Kandangan, Kecamatan Ngawi Kota, Minggu (14/6).


Terlihat transaksi antara pedagang dengan pembeli masih sepi. Bahkan hewan dagangannya pun baik sapi maupun kambing baru terlihat puluhan. Padahal jika pasaran normal sebelum pagebluk Covid-19 jumlahnya mencapai ratusan ekor.

"Sebenarnya para pedagang sudah tahu kalau hari ini pasar legi dibuka tapi masih ragu normal sepenuhnya atau belum. Mungkin pembeli yang mayoritas petani masih takut keluar ke pasar," terang Jumadi pedagang kambing asal Ngawi.

Sebelumnya, Bupati Ngawi Budi Sulistyono (Kanang) mengatakan untuk menuju new normal memang sejumlah pusat kegiatan masyarakat akan dibuka. Baik pasar maupun tempat hiburan. Tetapi penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 harus dilakukan dengan ketat.

Targetnya, kata Kanang, awal Juli semua kegiatan yang berkenaan dengan masyarakat akan normal.

"Kecuali tempat hiburan cafe karaoke dan kolam renang yang masih kita larang untuk buka. Karena kita akan melihat situasi pandemi Covid-19 ini benar-benar normal dan mereda," jelas Kanang.