PKB-Hanura Banyuwangi Kian Mesra Usung Gus Munib

Jelang Pilbup Banyuwangi 2020, deretan nama kandidat terus bermunculan. Belakangan yang mencuat ke publik adalah KH Ahmad Munib Syafaat.


Pria yang akrab disapa Gus Munib ini adalah putra pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, yakni almarhum KH Muhtar Syafaat.

Dia dikenal religius, intelektual, organisatoris dan punya bekal pengalaman di dunia politik.

Selama ini Gus Munib merupakan anggota DPRD Banyuwangi dua periode.

Selain itu, Gus Munib juga menjabat sebagai Rektor Institut Agama Islam Darussalam (IAIDA) Blokagung sekaligus dipercaya mengemban amanah sebagai Ketua Alumni Ponpes Al Anwar, Sarang, Rembang, Jawa Tengah untuk wilayah Banyuwangi.

Dengan kemampuannya tersebut, maka Gus Munib bukan saja akan mewarnai kontestasi Pilbup Banyuwangi 2020 mendatang, tetapi masuk dalam Cabup milenial yang potensial.

Dalam pencalonannya, Gus Munib akan diusung DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banyuwangi dan Hanura.

Hal ini disampaikan Ali Mahrus, Sekertaris DPC Banyuwangi seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (17/6).

“PKB sendiri memiliki 9 kursi dan melalui rapat pleno DPC PKB sepakat mengusung Gus Munib dan Joni Subagyo sebagai Cabup dan Cawabup Banyuwangi,” ujar Ali Mahrus.

Sementara Hanura yang memiliki 2 kursi, menurut Yudi Prasetyo, Sekretaris Hanura Banyuwangi mengatakan, pihaknya memang sedang membangun koalisi dengan PKB.

“Namun semua masih berproses. Kami dalam waktu dekat juga akan menghadap DPP untuk melaporkan bangunan koalisi yang sedang kita bangun ini, doakan semoga rekom cepat turun,” ujar Yudi yang juga aktivis senior Banyuwangi.