PAC GP Ansor Kabuh Salurkan Bantuan Rehab Rumah Baznas Jatim

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Sejak terpilih pada bulan Desember 2019, PAC GP Ansor Kabuh terus berbenah dalam derap langkah gerakan. Setelah mempublikasi majalah online PAC, kini ditengah masa pandemi tidak berhenti untuk peduli.


Mengawali program kerja di tengah tahun 2020, PAC GP Ansor Kabuh dibawah pimpinan Sudarto mantan Kepala Desa Sukodadi melakukan gerak cepat membantu penyaluran penyerahan bantuan rehab rumah milik Suroto Dusun Pendowo, Desa/Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang (13/10/2020).

Serah terima bantuan tersebut dihadiri langsung jajaran pengurus Baznas Jombang yang baru dilantik, Rosidin, Ketua PAC GP Ansor Kabuh Sudarto perwakilan Ranting NU Kabuh Sutrisno, Ketua PC GP Ansor Jombang H Zulfikar Damam Ikhwanto beserta jajaran pengurus PC GP Ansor Jombang. 

Mewakili Baznas Jombang, Rosidin menyampaikan bahwa pihaknya berterima kasih kepada PC GP Ansor yang telah membantu dalam mentasharufkan bantuan rehab rumah tepat pada sasaran yakni kepada yang benar-benar membutuhkan.

"Alhamdulillah, bantuan sudah tepat sasaran dan terima kasih pada kader Ansor yang membantu mentasharufkan bantuan ini," tutur Rosidin.

Untuk diketahui Suroto adalah pekerja serabutan yang tinggal bersama orang tua dan keluarga kecilnya dirumah yang jauh dari layak. Sebagian dinding rumah masih semi permanen dengan kondisi yang sudah rapuh dan retak-retak. Suroto sendiri tercatat sebagai kader Banser Satkorcab PC GP Ansor Jombang.

Adapun rehab dan atau bedah rumah yang diperuntukkan kader Ansor ini baru 2 titik yang sudah terlaksana yakni di Kecamatan Perak dan Kabuh. Yang selanjutnya masih ada 3 titik sasaran dari 5 titik target yang terdapat di 5 kecamatan, rencananya Perak, Kabuh, Kesamben, dan sisanya masih verifikasi usulan.

Atas hal itu dan menyikapi gerak langkah PAC Ansor Kabuh, Ketua PC GP Ansor Jombang Zulfikar Damam Ikhwanto menegaskan bahwa khidmat nyata ansor adalah bersama masyarakat. Sehingga ke depan bersama PAC-PAC lain di wilayah sebelah utara Sungai Brantas, PAC Ansor Kabuh harus terlibat dalam penyiapan SDM dalam pengembangan wilayah di utara Brantas.

"Terlebih, adanya investasi dan pendirian pabrik di wilayah Kabuh, Ploso, Ngusikan dan Plandaan begitu pesat perkembangannya, jangan sampai kader-kader Ansor hanya menjadi penonton belaka," tandas Gus Antok menyerukan jajaran kader Ansor ikut aktif dalam pembangunan dan pemberdayaan.

"Kader-kader Ansor harus bisa bersinergi dengan stakeholder dan perusahaan untuk manfaat sebesar-besarnya bagi kesejahteraan warga masyarakat di utara Brantas," pungkasnya.