Cek Lokasi Longsor di Jogorogo, Kapolres Ngawi Minta Warga Waspada Bencana

Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya meninjau langsung lokasi bencana longsor di Jogorogo/RMOLJatim
Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya meninjau langsung lokasi bencana longsor di Jogorogo/RMOLJatim

Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya memantau langsung perbaikan infrastruktur pasca bencana longsor di Dusun Wajong, Desa Umbulrejo, Kecamatan Jogorogo.


Di hadapan warga ia meminta untuk mewaspadai bencana terutama tanah longsor  saat hujan. 

Mengingat lokasi pemukiman warga tepat berada dibawah perbukitan yang mempunyai kemiringan lebih dari 40 derajat. Apalagi kontur tanah di area perbukitan Desa Umbulrejo memang ditengarai labil. 

"Sangat kita harapkan warga sekitar sini waspada dini ya apabila terjadi hujan. Jika mendengar suara gemuruh dari atas bukit sana lekas dan secepatnya mencari tempat yang lebih aman," terang Kapolres Ngawi AKBP I Wayan Winaya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin, (1/2).

Pun, meminta kepada semua warga tetap menjaga kelestarian alam serta ekosistim terutama hutan Pinus yang berada di sekitar Desa Umbulrejo. 

Agar peristiwa longsor tidak terjadi lagi yang merugikan semua pihak. Mengingat informasinya beberapa tahun lalu tanah longsor juga sempat terjadi hanya berjarak kurang dari 100 meter dari lokasi saat ini. 

"Saat ini yang kita pantau adalah perbaikan jalan antar desa demikian juga saluran pipa air minum yang sempat putus akibat longsor. Dan saat ini sudah diperbaiki kembali antara warga dan para relawan," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, hujan lebat lebih dari dua jam mengakibatkan longsor sepanjang 100 meter di lokasi perbukitan di atas Dusun Wajong pada Minggu kemarin, (31/1), sekitar pukul 15.30 WIB. Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa maupun luka dan rumah roboh, kejadian longsor kemarin itu memutus akses jalan desa demikian juga talud jalan jebol. 

Selain itu dipastikan kurang lebih 350 kepala keluarga (KK) warga tiga desa terancam kekurangan air bersih. Mengingat beberapa pipa saluran air bersih putus.