Partai NasDem Minta Presiden Jokowi Tetapkan Syaichona Cholil Pahlawan Nasional

Kyai Syaichona Cholil /Net
Kyai Syaichona Cholil /Net

Partai NasDem Jatim tengah mematangkan usulan agar Presiden RI Joko Widodo menetapkan Ulama Madura, Syaichona Cholil (Kyai Cholil) sebagai Pahlawan Nasional.


Sebagai bentuk keseriusannya, Partai besutan Surya Paloh ini telah membentuk tim yang mengkaji kepatutan gelar pahlawan tersebut.

“Kyai Cholil adalah guru dari seluruh ulama kyai di Indonesia. Salah satu muridnya yaitu KH Hasyim Asyari dan KH As’ad Syamsul Arifin yang sudah ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Ada lima murid beliau yang sudah dinyatakan pemerintah sebagai pahlawan nasional,” kata Wakil Ketua DPW Partai NasDem Jatim Muzamil Syafii kepada Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (14/2).

Mantan Bupati Pasuruan ini mengatakan, Partai NasDem sudah menggelar beberapa kajian baik kajian akademis, historis dan semua bentuk kajian.

”Bahkan di pusat sudah ada tim kajian Syaichona Kholil termasuk di Jatim juga membentuk tim,” jelasnya.

Tim kajian tersebut, sambung Muzamil, sampai saat ini sudah menggelar FGD (Forum Group Discussion) sejarah tentang Kyai Kholil.

“Bahkan Partai NasDem akan menggelar seminar nasional dengan melibatkan beberapa tokoh untuk finalisasi rekomendasi partai NasDem agar Presiden RI Jokowi menetapkan beliau sebagai pahlawan nasional,” ujarnya.

“Syaichona Cholil ulama besar sehingga layak untuk mendapatkan gelar tersebut,” tandas Muzamil Syafii.