Pemberangkatan Haji 2021, Kemenag Jombang: Masih Menunggu, Harap Bersabar

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Jombang, Moh Salim Basawad/RMOLJatim
Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Jombang, Moh Salim Basawad/RMOLJatim

Kemenag Jombang meminta masyarakat yang akan menunaikan ibadah haji di tahun 2021 ini untuk bersabar. Pasalnya, hingga saat ini pihaknya masih menunggu informasi lanjutan dari pemerintah, meski pihak kerjaan Arab Saudi telah memberikan kabar baik bagi para jemaah haji yang menantikan kesempatan untuk berangkat ke tanah suci.


Demikian disampaikan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Jombang, Moh Salim Basawad saat dikonfirmasi Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (18/3).

"Memang Indonesia sudah nyatakan normal oleh maklumat pemerintah Arab Saudi, namun masih belum ada ketentuan yang pasti tentang pemberangkatan haji," kata Salim Basawad .

Sehingga hal demikian, masih Salim, berdampak pada tahapan dan proses seperti manasik haji dan sebagainya. Pihaknya juga masih menunggu instruksi dari Menteri Kesehatan. Karena memasuki bulan Maret-April ini seharusnya sudah tahapan pembinaan.

"Untuk melaksanakannya masih belum ada Instruksi yang jelas dari Menteri Kesehatan," imbuhnya.

Sementara, untuk jadwal pemberangkatan haji, biasanya akan diberangkatkan pada bulan Mei dan Juni. Sedangkan, untuk tahapannya mulai dari jama'ah haji yang di tunda pada tahun 2020 kemarin. 

Dari data tahun 2021, pendaftar haji di wilayah Kabupaten Jombang mencapai 1.051 orang. Dari jumlah itu, nantinya tidak semua akan diberangkatkan karena jumlah kuota yang akan diberangkatkan kembali masih harus menunggu keputusan dari pemerintah.

"Semoga pandemi segera berakhir dan tahun ini bisa melaksanakan ibadah haji. Bagi jamaah haji yang ditunda pemberangkatannya. Kemenag Jombang tetap menggaransi dan jaminan untuk berangkat dijadwal selanjutnya," pungkasnya.

Diketahui, Arab Saudi dikabarkan akan membuka kembali penerbangan mulai 17 Mei 2021 dan tentu menjadi sinyal positif. Kendati ada kabar baik dari Arab Saudi, namun masih belum bisa dipastikan mengenai pelaksanaan ibadah haji di tahun 2021 ini.