Upaya Pemkab Jombang Raih Anugerah Parahita Ekapraya Tingkat Mentor

Pemkab Jombang berusaha meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Tingkat Mentor/Ist
Pemkab Jombang berusaha meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Tingkat Mentor/Ist

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang pada tahun ini berusaha meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Tingkat Mentor. Karena di tahun sebelumnya Kabupaten Jombang berada di tingkat utama.


Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyampaikan pihaknya tengah berupaya dan berkomitmen dalam mewujudkan keadilan gender melalui strategi yang menitikberatkan pada pengarusutamaan gender (PUG).

“Mulai dari kebijakan, komitmen, kelembagaan, SDM, perencanaan penganggaran responsif gender (PPRG), focal point PUG di SKPD, metode tool, data sistem informasi serta partisipasi masyarakat, dunia usaha, hingga inovasi Pemkab Jombang," beber Mundjidah dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (19/3).

Dalam pemaparan program Pemkab Jombang yang responsif gender di hadapan tim verifikasi Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (PPPA) RI di Surabaya, Kamis (18/3) kemarin.

Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Politik dan Hukum Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Drs Dermawan MSi, saat membuka agenda tersebut menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Pemkab Jombang yang telah melengkapi data informasi Pengarusutamaan Gender (PUG) kesetaraan gender dan hari ini siap untuk diverifikasi oleh tim.

Bupati Mundjidah berharap untuk dapat mempertahankan anugerah APE tingkat Utama ataupun meningkat ke tingkat Mentor, diperlukan kerjasama yang solid antara Perangkat Daerah serta perwakilan lembaga masyarakat yang di Kabupaten Jombang.

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan bentuk penghargaan tertinggi di bidang pembangunan berbasis gender bagi daerah Kabupaten dan Kota di Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada yang berhasil mewujudkan membangun berbasis gender.

Sebelumnya Kabupaten Jombang telah berhasil meraih penghargaan APE tingkat Utama. Sedangkan pada tahun 2020 Kabupaten Jombang sangat optimis untuk dapat menuju ke APE Mentor.