Cegah Stunting di Jombang, BKIPM KKP dan Neng Ema Salurkan Bantuan Paket Ikan 

Neng Ema dan BKIPM KKP salurkan bantuan paket ikan di kantor Kecamatan Peterongan/Ist
Neng Ema dan BKIPM KKP salurkan bantuan paket ikan di kantor Kecamatan Peterongan/Ist

Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan (BKIPM)-KKP dan Anggota Komisi IV DPR RI Ema Ummiyatul Chusna menyalurkan bantuan paket ikan pada warga Peterongan di kantor kecamatan setempat.


Mereka berkomitmen bahwa setiap program dan kegiatannya dapat berkontribusi dalam memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat kelautan dan perikanan serta membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya perkarantinaan ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan serta keamanan hayati ikan. 

Salah salah satu program berkelanjutan dari BKIPM dan dukungan Anggota Komisi IV DPR RI sebagai mitra dalam upaya membangun kesadaran dan patisipasi aktif masyarakat dalam penyelenggaraan perkarantinaan ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan serta keamanan hayati ikan adalah penyelenggaraan Bulan Mutu Karantina (BMK).

Kegiatan BMK merupakan agenda tahunan BKIPM yang digulirkan sejak tahun 2016 atau Bulan Mutu Karantina Ke-6 pada tahun 2021 ini yang dilaksanakan oleh BKIPM tingkat Pusat dan 47 Unit Pelaksana Teknis KIPM seluruh Indonesia, dengan mengangkat tema "Ikan Sehat Bermutu Untuk Mendukung Pemenuhan Protein Masyarakat".

Dalam sambutannya, Kepala Balai KIPM Surabaya I Bpk Muhlin menyampaikan pihaknya melalui Bulan Mutu Karantina, Balai KIPM Surabayai I menggelar berbagai kegiatan seperti BKIPM Peduli Sosial, Peduli lingkungan dan Peduli Pelayanan Publik.

“Salah satu kegiatan utama Bulan Mutu Karantina tahun ini adalah penyediaan dan penyaluran ikan sehat bermutu kepada masyarakat yang membutuhkan, akan kami salurkan di-7 Kab/Kota se-Jawa Timur," terangnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (26/4).

“Kegiatan penyediaan dan penyaluran ikan sehat bermutu kepada masyarakat di Jombang ini  sebanyak 900 paket dan merupakan kegiatan perdana dan selanjutnya akan kami salurkan di Kab dan Kota lainnya dengan total yang akan kami salurkan sebanyak 6.300 paket," bebernya.

Dipaparkan Muhlin, bahwa kondisi pandemi covid-19 sejak tahun lalu sampai saat ini, sektor kelautan dan perikanan merupakan salah satu sektor penggerak perekonomian bangsa dan tidak terpengaruh dengan pandemi covid-19, melainkan ekspor produk perikanan justru mengalami peningkatan ekspor baik volume maupun nilai.

Muhlin merinci perbandingan volume tahun 2019 (203.180 ton), tahun 2020 (219.860 ton) atau meningkat 8,2%, demikian juga nilai (Rp) tahun 2019 (17,236 T), tahun 2020 (17,554 T) atau meningkat 1,8 %. Sehingga bisa diartikan penyelengaraan BMK telah berhasil memberikan dampak positif bagi pertumbuhan kesadaran dan pemahaman masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Anggota Komisi IV DPR RI Ibu Ema Umiyyatul Chusnah menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada BKIPM KKP dan seluruh jajaran BKIPM Surabaya I serta pemerintah kabupaten yang telah memfasilitasi pelaksanaan kegiatan Bulan Mutu Karantina 2021 di Kabupaten Jombang.

Selain itu, BKIPM dapat terus bersinergi dengan stakeholder perikanan agar kedepannya pemberian bantuan dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi.

“Hari ini bertempat di kantor kecamatan peterongan. Alhamdulillah bisa melaksanakan penyerahan 150 paket secara simbolis berupa ikan segar dan ikan olahan, kepada ibu hamil, ibu menyusui dan ibu ibu yang mempunyai anak balita yang memang membutuhkan cukup gizi dan protein untuk pertumbuhan," kata Ema Ummiyatul Chusna, Anggota Komisi IV DPR RI. 

Politisi PPP ini menargetkan pada program ini untuk penurunan angka stunting dan peningkatan gizi di Kabupaten Jombang, serta meningkatkan kebiasaan masyarakat khususnya ibu-ibu tentang pentingnya mengkonsumsi ikan karena mangandung protein yang sangat tinggi dan kaya akan Omega 3.

“Mungkin ini program yang bisa kami berikan di Kabupaten Jombang dalam rangka Bulan Mutu Karantina tahun 2021," pungkas Neng Ema panggilan akrab Anggota DPR RI Dapil VIII (Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun) asal Kabupaten Jombang.