Bupati Jember Ingin Punya Rumah Sakit Yang Mampu Melayani Segala Penyakit 

Bupati Jember, Hendy Siswanto/Ist
Bupati Jember, Hendy Siswanto/Ist

Bupati Jember, Hendy Siswanto melontarkan keinginannya agar Kabupaten Jember dikelilingi Fasilitas Kesehatan (Faskes) milik pemerintah yang mumpuni dalam mengayomi masyarakat. 


Karena itu, Hendy mulai mencanangkan pembangunan infrastruktur Faskes yang akan dimulainya pada tahun depan. 

Pembangunan tersebut berupa peningkatan gedung serta teknologi serta sumber daya manusianya (SDM) pada tiga rumah sakit daerah serta 50 puskesmas.

"Jember harus punya rumah sakit yang hebat. Seluruh penyakit dapat ditangani dengan maksimal di Jember, jadi tidak perlu lagi jauh-jauh ke Surabaya. Cukup berobatnya di Jember saja," ucap Hendy saat menerima pemaparan program kerja dari manajemen RSD. dr. Soebandi seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (28/4).

Diketahui, Pemkab Jember memiliki tiga rumah sakit daerah, yakni RSD dr. Subandi Jember, RSD Balung dan RSD Kalisat. RSD dr. Subandi adalah rumah sakit rujukan Jawa Timur bagian Timur. 

Karena itulah Bupati Hendy akan meningkatkan bangunan RSD dr. Soebandi menjadi 10 lantai.

"Mengingat RSD dr. Soebandi merupakan rumah sakit rujukan dari 6 Kabupaten/kota di luar Jember, seperti Lumajang, Kota/ Kabupaten Probolinggo, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi," ujarnya.

Di samping itu, Kabupaten Jember didukung jumlah penduduk mencapai 2,6 juta jiwa. Ini akan menjadi modal dasar awal layanan kesehatan bagi RSD dr. Subandi Jember.

"Kami akan mempersiapkan konsep design untuk pembangunan fisik, pengembangan SDM tenaga kesehatan serta teknologi yang terintegrasi untuk seluruh rumah sakit dan puskesmas di kabupaten Jember," tutup Hendy.