Bupati Kediri Serahkan Paket Bansos Untuk ODKB-ODGJ

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat memberikan bantuan kepada salah seorang penyandang disabilitas/RMOLJatim
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana saat memberikan bantuan kepada salah seorang penyandang disabilitas/RMOLJatim

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Rabu, (28/04) menyerahkan bantuan sosial kepada warga disabilitas Kabupaten Kediri. Bantuan diberikan kepada para orang dengan kecacatan berat (ODKB) serta orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Pendopo Panjalu Djayati, Rabu (28/4).


Bantuan tersebut berupa paket permakanan, yang didalamnya berisi sejumlah bahan pangan pokok seperti beras 10 kg, gula 2 kg, minyak goreng, abon lele dan kecap manis.

"Paket bantuan sosial diberikan kepada 100 ODKB serta ODGJ di Kabupaten Kediri. Senilai Rp 300 ribu, dan akan diterima tiga tahap. Untuk bulan April diserahkan langsung oleh Bupati, Untuk bulan Juni dan Agustus akan didrop di rumah masing-masing," Kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri Suharsono dikutip Kantor Berita RMOLJatim saat memberikan sambutan.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengungkapkan, ke depan, bantuan juga akan diberikan dalam bentuk lain. Seperti kebutuhan kursi roda atau alat pendengaran. 

"Ada baiknya uangnya dikumpulkan diberikan dalam bentuk lain seperti kursi roda. Ada hal yang bisa dirasakan dan dampaknya lebih lama. Misalkan alat bantu pendengaran kan macam-macam harganya. Sekali kita memberikan bisa digunakan dalam jangka waktu lebih lama," ujar Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri.

Sementara untuk penyandang disabilitas, Bupati Dhito masih akan mengkaji lagi, apakah ada pos-pos tertentu yang bisa digunakan untuk membantu para penyandang disabilitas ringan. Dia juga 

meminta Dinas Sosial untuk memastikan para penyandang disabilitas memiliki jaminan kesehatan. 

"Jangan sampai kita sudah memberikan bantuan permakanan, dan bantuan lain tapi yang mendasar seperti jaminan kesehatan, kartu Indonesia sehat justru tidak didapatkan," tandasnya.