Kuli Angkut Sekam Tewas Saat Bergelantungan Di Truk 

Saksi memperagakan bergelantungan di truk sebagai penyeimbang supaya tidak miring ke kanan/RMOLJatim
Saksi memperagakan bergelantungan di truk sebagai penyeimbang supaya tidak miring ke kanan/RMOLJatim

Seorang kuli truk pengangkut sekam tewas setelah terjatuh dari truk di Jalan Raya Dusun Krajan Selatan, Desa Kertonegoro, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Rabu (28/4) pukul 08.45 WIB. 


Korban bernama Bunadi (32), warga Dusun Petung, Desa Petung, Kecamatan Bangsalsari, Jember. 

Menurut Kapolsek Jenggawah, AKP Muhammad Makruf, sekira pukul 06.00 wib truck Nopol P 8621 UR, yang dikemudikan Samsul melakukan pengisian sekam di penggilingan padi UD Sedulur Jaya. 

Bak truk dimodifikasi sehingga lebih lebar dan tinggi yang bisa menampung sekam lebih banyak dibanding bak truk standar. 

"Pengisian sekam dilakukan 3 kuli, yakni 2 saksi dan 1 korban hingga penuh," ujar Makruf dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Setelah melakukan pengisian, lanjut makruf, kemudian sopir keluar dari UD Sedulur Jaya untuk mengantarkan dan membawa sekam ke Pabrik Katul di Desa Klompangan Ajung, Kabupaten Jember. 

"Pada saat keluar dari UD Sedulur Jaya, truk dalam kondisi miring ke kanan. Untuk menyeimbangkan truk tersebut, ketiga kuli tersebut diminta bergelantungan pada sisi kiri truk," jelasnya. 

Setelah tiga kuli bergelantungan, truk selanjutnya berangkat dari Desa Kertonegoro menuju Desa Klompangan, Kecamatan Ajung. 

Namun sesampainya di TKP, salah satu kuli bernama Bunadi terjatuh dan tidak sadarkan diri. Korban langsung dilarikan ke Puskesmas Kemuningsari Kidul. 

Setelah dilakukan upaya penanganan medis oleh petugas Puskesmas, saat hendak dirujuk ke RS Subandi, korban sudah meninggal dunia.

"Korban terjatuh diduga kepayahan saat bergelantungan di truk karena jaraknya cukup jauh," ujar Makruf. 

Dari hasil olah TKP, truk angkutan sekam tersebut diduga melebihi batas muatan.  Bak truk dimodifikasi dengan menambah menggunakan bambu sehingga lebih tinggi dan lebar.

"Peristiwa ini mengakibatkan terjadinya kecelakaan yang menyebabkan meninggalnya korban," tutup Makruf.