India Pecahkan Rekor, Kasus Covid Tembus 400 Ribu Dalam 24 Jam 

Foto ilustrasi/Net
Foto ilustrasi/Net

India mencatat rekor kenaikan harian kasus Covid-19 sebanyak 401.993 pada Sabtu (1/5). Angka yang belum pernah dialami sebelumnya. Menambah kengerian yang mencekam, dan semua semua orang berlomba ke pusat kesehatan untuk melakukan vaksinasi. 


Ini adalah angka harisan tertinggi, setelah selama 10 hari berturut-turut India mencatat angka kasus harian sebanyak 300.000. 

Sementara kematian akibat Covid-19 melonjak 3.523 selama 24 jam terakhir, menjadikan total korban di India menjadi 211.853, menurut data resmi.

Ratusan orang terlihat mengantri untuk divaksinasi di seluruh Ahmedabad, sebuah kota bisnis yang hiruk pikuk, pada Sabtu. Pemerintah sedang melakukan upaya vaksinasi besar-besaran untuk semua orang dewasa, seperti dikutip dari Reuters.

India adalah negara produsen vaksin Covid-19 terbesar di dunia, namun negara itu justru berada pada urusan kedua dunia  sebagai terbanyak kasus Covid. Negaar itu juga memiliki jumlah suntikan yang terbatas, tenaga medis yang terbatas, sefrta pasokan obat-obatan dan peralatan medis yang terbatas. 

Selama hampir dua minggu, orang berebut mendapatkan obat dan oksigen yang harganya melangit di luar nalar. 

Antrian vaksinasi hari ini, juga melahikran kecemasan baru. Otoritas Delhi, wilayah yang terpukul paling parah di India, memohon kepada orang-orang untuk tidak mengantri di pusat vaksinasi karena akan menciptakan sumber bahaya baru. Otoritas telah menjanjikan bahwa vaksin akan terseia untuk semua orang secara bergilir. 

Dilema terjadi di negara bagian Odisha, timur India. Otoritas mengatakan, mengatakan pihaknya telah menerima kiriman 150.000 dosis vaksin Covid-19, tetapi dengan adanya peraturan penguncian, maka kemungkinan yang akan menerima suntikan hanya sebagian saja.