Bacakan Pidato Menteri Nadiem Makarim, Begini Permintaan Bupati Lamongan Ke Insan Pendidikan

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi  bersama Wakil Bupati Abdul Rouf saat memimpin apel peringatan Hardiknas/RMOLJatim
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bersama Wakil Bupati Abdul Rouf saat memimpin apel peringatan Hardiknas/RMOLJatim

Kali kedua Indonesia memperingati dan merayakan Hari Pendidikan Nasional di tengah pandemi covid-19. Meski dilaksanakan secara virtual, peringatan apel Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Lamongan berjalan dengan khidmat.


Bupati Lamongan Yuhronur Efendi didampingi Wakil Bupati Abdul Rouf memimpin apel secara langsung dari Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, Senin (3/5).

Pada apel tersebut, Bupati Yuhronur membacakan pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim. 

Dalam pidatonya, Menteri Nadiem mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menjiwai dan menghidupkan kembali pemikiran Bapak Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara. Hal tersebut diharapkan agar tercipta pendidikan yang berkualitas serta terwujudnya kemerdekaan belajar yang sejati.

“Saya ingin anak-anak Indonesia menjadi pelajar yang menggenggam teguh falsafah Pancasila, pelajar yang merdeka sepanjang hayatnya, dan pelajar yang mampu menyongsong masa depan dengan percaya diri. Karenanya, kementerian secara konsisten terus melakukan transformasi pendidikan melalui berbagai terobosan merdeka belajar,” kata Bupati Yuhronur dikutip Kantor Berita RMOLJatim saat membaca pidato Menteri Nadiem Makarim.

Adapun empat upaya perbaikan yang dilakukan kementerian yakni perbaikan infrastruktur pada teknologi, perbaikan kebijakan prosedur dan pendanaan serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan, perbaikan kepemimpinan masyarakat dan budaya, juga perbaikan kurikulum pedagogi dan asesmen.

Menurut Nadiem, krisis pandemi ini adalah kesempatan bagi Indonesia untuk menuai kemajuan.

“Saya bersemangat melihat masyarakat sadar bahwa kita harus terus bergerak maju dan melakukan berbagai lompatan kemajuan tanpa keraguan, tentunya dengan mengedepankan keselamatan dan kesehatan,” kata Nadiem.

Pada momen refleksi terkait apa saja yang sudah dikerjakan dengan baik dan apa saja yang perlu diperbaiki ini, Bupati Lamongan ini  mengajak seluruh warganya  utamanya insan pendidikan untuk turut mendukung apa yang telah disampaikan Menristek Nadiem. 

"Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Bapak Menteri, mari kita dukung hal tersebut dengan terus mengkaji dan melaksanakan merdeka belajar guna menyongsong masa depan yang lebih baik,” ujar Bupati Yuhronur

Dalam acara tersebut, Bupati Yuhronur juga menyerahkan penghargaan terhadap siswa-siswi berprestasi Lamongan tingkat Sekolah Dasar Negeri. Kejuaraan sab’ah lomba virtual, juara 1 Pidato Bahasa Arab oleh Emerald Lulu Falah SD Muhammadiyah Lamongan, juara 1 Pildacil Bahasa Indonesia oleh Nayla Robiah Al Adawiyyah Kaamiliyya SDN Pasi I Glagah, juara 1 Tahfidzul Qur’an  oleh Dyna Faiza SDN Banaran I Babat, juara 1 MTQ Putra oleh M. Wisnu Muzaki SDN Pendowolimo Karangbinangun, dan Juara 1 MTQ Putri oleh Zahra Aulia Putri SDN Glagah I.

Selain itu, Yuhronur  juga menyerahkan penghargaan kejuaraan sekolah tangguh jenjang SD di Lamongan tahun 2021.  SD Negeri Made memperoleh predikat juara umum, SD Kemala Bhayangkari 5 dengan predikat SD tangguh inovatif, serta SD Negeri Baturono yang memperoleh juara I.