PB Percasi Gelar Turnamen Catur Online Di Hari Kelahiran Bung Karno Dan HUT PDIP Ke-48

Pamflet kejuaraan catur dalam rangka peringatan bulan Bung Karno dan HUT PDIP Ke-48/Ist
Pamflet kejuaraan catur dalam rangka peringatan bulan Bung Karno dan HUT PDIP Ke-48/Ist

Dalam rangka memperingati hari kelahiran Proklamator RI Soekarno dan HUT PDI Perjuangan Ke-48, PB Percasi menggelar turnamen catur.


Sistem pertandingannya tidak seperti biasanya yakni saling tatap muka. Namun dengan sistem daring.

Ketua Umum Pengprov Percasi Kalimantan Tengah H. Agustiar Sabran yang juga anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan mengatakan, dirinya selaku penggagas turnamen catur secara daring. 

Menurutnya, turnamen catur secara online ini semakin diminati masyarakat dikarenakan pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir.

“Kami menggagas turnamen catur online ini karena pertandingan catur daring semakin banyak diminati oleh para pecatur Indonesia terlebih di saat pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhir,” katanya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Sabtu (5/6).

Sementara koordinator pelaksana Henry Hendratno yang juga Sekjen Percasi mengungkapkan, hingga saat ini sudah ada peserta yang sudah mendaftar secara online di platform Lichess.Org berjumlah 774 orang.

"Diperkirakan sampai turnamen dimulai besok 6 Juni 2021 jam 14.00 WIB, peserta bisa di atas seribuan orang,” ungkapnya.

Diketahui, Format pertandingan yang digunakan pada turnamen catur daring “Bulan Bung Karno & HUT PDIP Ke-48/2021” adalah catur kilat 5 menit, yang mana pemain pemegang buah putih dan buah hitam masing-masing mendapat jatah waktu berpikir 5 menit.

Sistem pertandingan yang digunakan pada babak penyisihan adalah sistem Arena 120 menit, dimana selama 120 menit tersebut setiap pemain harus mengalahkan lawan sebanyak mungkin. 

Semakin cepat mengalahkan lawan maka seorang pemain akan semakin cepat pula mengumpulkan angka/poin, sampai batas waktu 120 menit barulah angka kemenangan setiap pemain akan dijumlah. Dari seluruh peserta babak penyisihan akan dipilih 48 orang (sesuai HUT PDIP) peringkat teratas untuk maju ke babak final.   

Pendaftaran untuk mengikuti turnamen ini gratis. Panitia menyediakan  hadiah bagi para pemenang. Dengan total hadiah babak penyisihan Rp 6,4 juta untuk 48 peringkat teratas yang berhak maju ke babak final. Total hadiah babak final Rp 3 juta untuk 5 peringkat teratas. 

Berikut Jadwal pertandingan:

Platform: Lichess.Org.

Babak Penyisihan: Minggu, 6 Juni 2021 Start Pukul 14.00 WIB. Catur Kilat 5 menit. Sistem Arena 120 menit – No Berserk, No Arena Streaks.

Babak Final: Minggu, 6 Juni 2021 Start Pukul 21.00 WIB. Sistem pertandingan Catur Kilat 5 menit. Sistem Swiss 8 Babak.