Petronas Bakal Lakukan Survei Pantai di Kabupaten Gresik

Ilustrasi / net
Ilustrasi / net

Pantai di wilayah Kabupaten Gresik sejauh 29 Kilometer, bakal disurvey lapangan Bukit Panjang di Wilayah Lepas Pantai Utara Provinsi Jawa Timur PC Ketapang II Ltd oleh pihak Petronas yang difasilitasi SKK Migas.


Survey itu, akan dilakukan mulai tanggal 1 hingga 9 Juli 2021 mendatang. Sedangkan total panjang survey yang dilaksanakan Petronas. Yakni, sejauh 137 kilometer dimulai dari wilayah pantai di Madura.

“Survei yang dilakukan oleh Petronas ini akan dilakukan melintasi wilayah Manyar, Bungah dan Sidayu. Survei ini bertujuan untuk memeriksa kontur permukaan dasar laut,” kata Manajer senior SKK Migas Jabanusa Doni Arianto, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (16/6).

"Sebelum dilaksanakannya survey, kami meminta izin terlebih dulu kepada pemangku wilayah dalam hal ini Penerintah Kabupaten (Pemkab) atau Bupati Gresik agar pelaksanaannya tidak ada persoalan," tegasnya.

Senada juga disampaikan Manajer Senior GSR Petronas Andiono Setiawan bahwa survei yang akan dilakukan itu, nantinya bakal dilaksanakan oleh pihak ketiga.

“Pelaksanaan surveinya hanya ada kapal, yaitu kapal Trinity yang berjalan di sepanjang pantai. Kapal itu melaksanakan scan sonar survey pada permukaan dasar laut,” ujarnya.

Menjawab permintaan ijin pihak SKK Migas dan Petronas, Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani yang hadir dan membuka kegiatan sosialisasi tersebut di Ruang Puteri Cempo Kantor Bupati Gresik memberikan keterangan.

“Kami berharap dalam pelaksanaan survey kali ini, tidak merugikan masyarakat terutama masyarakat nelayan. Tolong kepada pihak terkait, agar sosialisasi kali ini bisa sampai ke masyarakat terutama pada masyarakat terdampak yaitu para nelayan," ucapnya.

"Kami berharap dalam melaksanakan survei nantinya, tidak mengganggu lalu lintas nelayan. Untuk itu, pihak Petronas juga harus melakukan sosialisasi kepada masyarakat nelayan sebelum survei dilaksanakan," pungkasnya.