Pegawai Terpapar Covid-19, Kantor Kelurahan di Situbondo Tutup

Kantor Kelurahan Patokan/RMOLJatim
Kantor Kelurahan Patokan/RMOLJatim

Pegawai terpapar Covid-19, kantor Kelurahan Patokan, Situbondo, Jawa Timur, terpaksa ditutup sejak, Kamis (17/6). Namun, pelayanan bagi masyarakat tetap berlangsung, karena ada dua petugas yang tetap berjaga di kantor tersebut.


"Yang terpapar itu sekertaris lurahnya, dinyatakan reaktif hasil swab antigen. Tetapi ada dua pegawai yang ngantor, itu untuk melayani masyarakat," terang juru bicara Satgas Covid-19, Kabupaten Situbondo, Dadang Aries Bintoro, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (17/6).

Dadang menegaskan, pelayanan untuk masyarakat diupayakan untuk tetap berjalan. Solusinya adalah, ketika masyarakat membutuhkan kelengkapan adminitrasi, maka pegawai yang piket akan memintai tandatangan ke lurah.

"Nanti yang piket ke rumah Pak Lurahnya mas, untuk seluruh pegawai akan di swab antigen oleh puskesmas terdekat. Selanjutnya akan dilakukan tracing, jika memang sudah dinyatakan positif Covid-19," ucapnya.

Pantauan Kantor Berita RMOLJatim, kantor kelurahan di Jalan Mawar itu memang tidak ada aktivitas. Di pagar depan kantor ada tulisan 'Kantor kelurahan patokan sementara ditutup/ diliburkan, buka kembali Senin (21/6)'.

Menurut Abdul Gani, salah satu warga setempat menuturkan, kantor itu sehari sebelumnya tetap ada aktivitas. Dirinya mengaku tidak tahu jika kantor tutup karena Covid. Dirinya mengira, jika kantor tutup lantaran ada kegiatan di luar kantor. 

"Lah ada covid ta mas, saya pikir tutup karena apa," jelasnya singkat.

Seperti diketahui, Persentase lonjakan Covid 19 di Kabupaten Situbondo, menduduki ranking pertama di Jawa Timur. Data yang dikeluarkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jatim, Situbondo mengalami kenaikan kasus hingga 67 persen.

Kondisi ini dibenarkan oleh Satgas COVID-19 Kabupaten, yang mencatat adanya lonjakan kasus baru positif COVID-19 signifikan dalam beberapa hari terakhir ini.

Data yang dihimpun menyebutkan, sejak dua hari terakhir saja (Senin-Selasa), jumlah kasus baru positif COVID-19 tembus 41 orang, belum lagi kasus sebelumnya yang mencapai sebanyak 43 orang.