Gubernur Jatim Lantik Bupati-Wabup Tuban

 Pelantikan Bupati-Wabup Tuban/Ist
Pelantikan Bupati-Wabup Tuban/Ist

Gubernur Jatim, Dra. Khofifah Indar Parawansa melantik dan mengambil sumpah Aditya Halindra Faridzky dan H. Riyadi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tuban di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (20/6)


"Pembangunan di kabupaten Tuban dapatnya meneladani ajaran Sunan Bonang Tuban, yaitu pembangunan mengedepankan Harmonis Partnership. Konsep Harmonis Partnership mengisyaratkan pembangunan Kabupaten Tuban yang menjaga hubungan masyarakat yang saling menghormati dan  toleransi. Hal tersebut selaras dengan nilai luhur bangsa Indonesia," kata Gubernur Khofifah, melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (20/6)

Kabupaten Tuban kini tengah berkembang menjadi kota industri yang banyak mendatangkan investor. Kondisi tersebut harus disikapi dengan tersedianya infrastruktur pendukung untuk menghubungkan titik-titik strategis. Pemprov Jatim bersama Pemkab Tuban akan berkoordinasi PT. KAI terkait refungsionalisasi rel kereta api di kabupaten Tuban yang tidak aktif. Tujuannya, mempermudah dan mempercepat akses ke kabupaten Tuban.

"Sehingga pekerja dari luar daerah tetap dapat bekerja di Tuban tanpa harus menetap di Tuban sehingga  meminimalkan dampak sosial," jelasnya.

Gubernur Khofifah menyampaikan pesan dari Presiden RI Joko Widodo untuk ikut mendukung upaya percepatan vaksinasi dan memperketat PPKM. Di samping itu, perlu peningkatan disiplin protokol kesehatan. Meski demikian, penerapan kebijakan tersebut disesuaikan dengan kearifan lokal di tiap daerah. 

"Penanganan Covid-19 tetap dijalankan bersamaan dengan upaya pemulihan ekonomi masyarakat," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, menyatakan akan segera berkoordinasi dengan OPD sejak hari pertama menjabat. Berbagai program kerja yang telah disusun sebelumnya akan segera diimplementasikan. 

"Kami akan segera turun ke masyarakat," tuturnya.

Bupati Tuban menjelaskan Pemkab Tuban akan memprioritaskan penguatan infrastruktur jalan, peningkatan mutu kesehatan, dan pendidikan. Karenanya, sejumlah program disiapkan yang ditunjang sarana dan prasarana yang memadai.

 Sementara itu, Wabup Tuban, H. Riyadi, SH., karena kesehatan mengikuti pelantikan secara daring dari Rumah Dinas Wabup Tuban. Di samping itu, bertempat di Pendopo Krido Manunggal Tuban, jajaran pimpinan OPD, Anggota DPRD Tuban, Pimpinan Partai Politik, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat mengikuti upacara pelantikan secara virtual.