Pemkab Malang Bina 378 Kades Untuk Majukan Desa

Pelatihan dan Pembinaan Kapasitas Kades dan Camat/Ist
Pelatihan dan Pembinaan Kapasitas Kades dan Camat/Ist

Dalam memajukan seluruh desa yang berjumlahkan 378 di Kabupaten Malang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar kegiatan pelatihan dan pembinaan kapasitas bagi Kepala Desa (Kades) dan Camat.


Kegiatan yang digelar di salah satu hotel di Kota Malang ini bertujuan untuk pemberdayaan kehidupan masyarakat. 

Bupati Malang, H. M. Sanusi dalam acara itu menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut dapat menjadi wadah strategis dalam rangka mewujudkan tata kelola wilayah yang baik. Dan pembangunan mandiri di mulai dari desa.

"Sesuai dengan harapan Presiden, agar di setiap desa mampu mencukupi kebutuhan sendiri. Maka, pembangunan wilayah yang mandiri di mulai dari desa. Alhamdulillah seperti di Kabupaten Malang, saat ini telah mampu mencukupi kebutuhannya sendiri dari berbagai sektor. Seperti beras dan daging diwilayah kita telah surplus, bahkan telah kita salurkan ke luar daerah Kabupaten Malang," ungkap Sanusi dikutip Kantor Berita RMOLJatim saat memberikan sambutan dalam kegiatan pelatihan dan pembinaan kapasitas bagi Kades dan Camat, Senin (28/6).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Suwadji dalam laporannya menyampaikan, maksud dan tujuan kegiatan tersebut digelar adalah untuk terus meningkatkan kuantitas dan kualitas di setiap desa.

Selain itu, dapat memberikan bekal terhadap perangkat desa dalam menghadapi tantangan kedepan khususnya dibidang pemerintahan.

"Dalam kegiatan ini, tingkat efisiensi dalam bidang pemerintahan guna pembangunan serta pengelolaan keuangan juga ditekankan disini. Begitu juga, peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan melalui peningkatan pengetahuannya terhadap perundang undangan yang berlaku," tutur Suwadji.

Sejumlah 411 peserta yang terdiri dari 33 Camat dan 378 Kades diharapkan mengerti dan memahami rangkaian pelatihan tersebut, sehingga benar benar dapat meningkatkan kinerja mereka diwilayahnya masing masing.

"Disitulah kades dan camat diharapkan mampu menjalankan perannya dalam memajukan desa dengan cara kreatif dan bersinergi bersama," pungkasnya.

Selain dihadiri oleh seluruh perangkat desa dan kecamatan, acara tersebut juga dihadiri oleh seluruh kepala OPD, Dandim dan perwakilan Jajaran Polres Malang.