Pemkab Kediri Fungsikan Gedung SKB Untuk Isolasi Mandiri

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan saat mengunjungi Gedung SKB/RMOLJatim
Bupati Kediri, Hanindhito Himawan saat mengunjungi Gedung SKB/RMOLJatim

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri telah menyiapkan gedung isolasi mandiri (Isoman) yang berada di gedung Sanggar Kegiatan Belajar Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. 


Hal ini menyusul lonjakan kasus Covid-19 yang masih tinggi di Kabupaten Kediri. Selain itu, sudah banyak gedung isolasi mandiri Covid-19 milik Pemerintah Kabupaten Kediri seperti di Wisma Atlet di Pare, SD Pelem II Pare, dan eks Gedung Pertanian yang sudah tidak mampu menampung pasien Covid-19.

Bupati Kediri Hanindhoto Himawan Pramana mengatakan, hari ini Pemerintah Kabupaten Kediri membuka satu lagi tempat isolasi mandiri secara terpusat dan terpadu di SKB. 

"Ini fungsinya warga kabupaten yang bingung mau kemana dengan kondisi gejala ringan atau Orang Tanpa Gejala (OTG) bisa langsung datang ke tempat isolasi yang ada di SKB," terangnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (9/7). 

Selain itu, masih Bupati Hanindhito, pihaknya juga berencana akan membuat tempat isoman disekitar Rumah Sakit Kabupaten Kediri (RSKK)

"Ini masih dalam proses perencanaan. Hari ini monggo warga kabupaten Kediri kalau ada yang mengalami gejala, langsung cek baik antigen atau PCR. Kalau hasilnya positif, maka segeralah untuk datang langsung ke SKB. Untuk gejala berat silahkan menuju ke rumah sakit rujukan maupun non rujukan," sambung Bupati. 

Sementara itu, Sekertaris Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kediri Slamet Turmudi mengatakan, bahwa untuk hari ini gedung isolasi mandiri SKB Grogol mulai difungsikan.

"Benar hari ini gedung SKB sudah mulai kami fungsikan," ujar Slamet Turmudi. 

Menurut Slamet Turmudi, untuk kapasitas gedung SKB yang digunakan ini total ada 96 bed.

"Gedung ini hanya difungsikan untuk mereka yang menjalani isolasi mandiri tanpa gejala atau OTG," ungkapnya.

Slamet menghimbau agar masyarakat patuhi protokol kesehatan untuk mencegah bertambahnya kasus baru Covid-19.

"Saya imbau masyarakat agar mau patuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker dan rajin mencuci tangan," pungkasnya.