Video Penampakan Keranda Jenazah Terbang di Kediri adalah Hoaks

Video keranda terbang/ repro net
Video keranda terbang/ repro net

Media sosial saat ini tengah diramaikan dengan adanya penampakan lampor yang diunggah oleh pengguna TikTok.


Dalam video singkat tersebut, terlihat sebuah keranda yang biasa digunakan untuk menggotong jenazah, terbang dan meresahkan warga. Entah benar atau tidak, penampakan tersebut diduga terjadi di Dusun Pliringan Desa Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri dan sempat membuat warganet heboh. 

Menanggapi isu keranda terbang tersebut, Kapolsek Kepung Polres Kediri Iptu Roni Robi Harsono menegaskan, bahwa video tersebut adalah hoax yang dibuat oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Polsek Kepung Polres Kediri telah melakukan pengecekan di lokasi dan ternyata para warga justru tidak mengetahui jika ada hal-hal seperti itu terjadi di wilayahnya.

"Itu kabar hoaks, yang beredar di media sosial. Saya bersama anggota sudah melakukan pengecekan ke lokasi, malah warga tidak ada yang tahu tentang kabar itu," kata Roni kepada Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (14/7). 

Menurut Iptu Roni, di tengah pandemi Covid-19 dimungkinkan ada orang-orang yang sengaja menyebarkan hoaks untuk menimbulkan ketakutan di tengah masyarakat dan mengacaukan situasi. Iptu Roni mengatakan, sebelumnya warga di Kecamatan Kepung memang sempat takut lantaran jumlah warga yang meninggal karena Covid-19 cukup banyak. Namun, saat ini situasi sudah kondusif karena warga disiplin protokol kesehatan. 

Selain itu, para warga juga sangat antusias untuk melakukan vaksinasi Covid-19 hingga petugas puskesmas kuwalahan lantaran pendaftar vaksin yang begitu banyak.  Di tengah PPKM Darurat, Iptu Roni mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak cepat percaya dengan informasi hoax yang beredar.