Wabup Jember: Pelaksanaan MTQ Tidak Hanya Melantunkan, Tapi dipahami dan Mengamalkan Isi Al-Qur'an.

Wakil Bupati Jember,  Gus Firjaun saat kegiatan MTQ.
Wakil Bupati Jember, Gus Firjaun saat kegiatan MTQ.

Rangkaian final kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) yang berlangsung selama 2 hari, Sabtu Minggu (7-8 Agustus 2021), telah tuntas. Dewan juri/hakim MTQ sudah menentukan juara dari 7 cabang tilawah yang dilombakan, pada Minggu ( 8/7).


Namun pengumuman secara resmi, akan dilakukan saat penutupan, hari Minggu (15/8) pekan depan, saat acara penutupan. 

Wakil Bupati Jember, KH Muhammad Balya Firjauan Barlaman ( Gus Firjaun) menjelaskan para santri cukup antusias, mengikuti lomba dengan jumlah pendaftar mencapai 799 peserta. 

"Mudah-mudahan kegiatan MTQ ini, menambah kecintaannya kepada Al-Qur'an, tidak hanya Melantunkan tapi juga dipahami dan menjalankan isi dari kandungan Al-Qur'an. Dengan Harapan ahlaq dan spiritual masyarakat Jember meningkat,"kata pria yang bisa disapa Gus Firjaun, dikutip Kantor Berita RMOLJatim. 

Dia menjelaskan langkah ini untuk mewujudkan Jember religius, di kabupaten, yang dikenal sebagai  kota santri. Pembangunan di kabupaten Jember tidak hanya pembangunan fisik, tapi juga membangun moral, ahlaq serta iman dan taqwa. 

"Ini ciri khas kabupaten Jember, sebagai kota santri, sebagai lambang dari pada santri ,"terangnya. 

Sementara Kabag Kesra Pemkab Jember, Drs. H. Achmad Mushoddaq menjelaskan rangkaian kegiatan lomba tersebut, selama 4 hari, yakni tanggal 31 Juli, 1, 7 dan 8 Agustus. Ada 7 cabang yang dilombakan dan sudah ditentukan juaranya. 

"Masing-masing cabang, ada 3 juara, untuk masing  laki-laki dan perempuan. Tapi tiap juara ada berkelompok, hingga 3 orang. Untuk lebih jelasnya, nama-nama juara tunggu pengumuman," katanya. 

 Namun untuk  pemenangnya, lanjut Mushoddag masih akan diumumkan secara terbuka, saat penutupan MTQ, oleh Dewan juri, saat penutupan minggu pekan depan. 

Untuk Selanjutnya, panitia bersama dewan juri akan memberikan pembinaan terhadap tiga kelompok juara putra dan tiga kelompok juara putri pada  MTQ tingkat  Kabupaten Jember tahun 2021. Akan dipilih 1 kelompok putra dan 1 kelompok putri, untuk diikutsertakan dalam seleksi MTQ tingkat Provinsi dan Nasional.

"Untuk event MTQ di tingkat Provinsi ke-29 Insyaallah di laksanakan pada tanggal 2 - 11 November di Pamekasan,"jelasnya. 

 Ahmad  Mushoddaq menambahkan, seluruh kegiatan tersebut,  menerapkan protokol kesehatan(Prokes) yang sangat ketat. Baik dari peserta, panitia dan dewan hakim diwajibkan Swab Antigen demi memastikan kondisi kesehatan serta memutuskan mata rantai Covid - 19.