Benda mirip Komponen Pesawat Tempur Jatuh di Ngawi, Lanud Iswahyudi Katakan Ini

Warga Ngawi temukan benda yang diduga bagian dari pesawat tempur
Warga Ngawi temukan benda yang diduga bagian dari pesawat tempur

Seorang warga Ngawi, Jawa Timur mendadak dikagetkan dengan jatuhnya benda dari langit sekitar pukul 08.15 WIB pada Selasa pagi, (10/7). Suhartono (40) warga Dusun Wates, Desa Dawu, Kecamatan Paron saat kejadian mendengar suara gemuruh jatuh ke area pekarangan rumah.


Setelah dicek ternyata benda berbentuk lonjong warna biru tergeletak ke tanah yang diduga kuat bagian dari onderdil pesawat terbang. Saat itu juga dirinya langsung melaporkan temuan ke perangkat desa agar ditindaklanjuti oleh petugas terkait. 

"Iya tahu-tahu ada suara gemuruh setelah saya lihat ternyata ada benda jatuh di pekarangan rumah tetangga warnanya biru," terang Suhartono.

Sementara itu, Kepala Desa Dawu Suwito kepada kantor berita RMOL Jatim menjelaskan,  setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, pihaknya langsung menghubungi kepolisian setempat. Sesaat kemudian petugas pun datang melakukan pemeriksaan.

"Sudah diperiksa sama petugas mas. Benda itu beratnya sekitar 20 kilogram panjangnya sekitar setengah meter," ungkap Suwito.

Terpisah, Kapen Lanud Iswahjudi Kapten Sus Yudha Pramono melalui pesan singkat whatsaap langsung membenarkan kejadian di Ngawi tersebut. Menurutnya, onderdil yang jatuh itu merupakan bagian dari pesawat tempur jenis T-50 Golden Eagle. Dimana jenis pesawat ini merupakan pesawat latih supersonik.

"Pesawat T 50 dalam rangka latihan rutin di training area lanud Iswahyudi. Komponen sudah diamankan dan dipastikan tidak membahayakan mas," jelasnya.