Jerman Tidak Lagi Gratiskan Tes Covid-19 Bagi Warga yang Enggan Divaksin

ilustrasi/net
ilustrasi/net

Mereka yang tidak divaksinasi tidak akan mendapatkan tes Covid-19 gratis di Jerman. Aturan baru itu diberlakukan untuk menekan warga Jerman melakukan vaksinasi.


Berbicara dalam konferensi pers di Berlin pada Selasa (10/8), Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan lonjakan kasus Covid-19 membuat pemerintah sesegera mungkin mendorong vaksinasi.

"Karena kami sekarang dalam posisi menawarkan vaksinasi untuk seluruh penduduk di Jerman, kami akan mengakhiri tes gratis pada 11 Oktober," ujar Merkel, seperti dikutip Anadolu Agency.

Keputusan untuk menghentikan tes Covid-19 gratis diumumkan Merkel setelah melakukan pertemuan virtual dengan para perdana menteri negara bagian.

Setelah 11 Oktober, orang yang memutuskan tidak divaksinasi harus membayar tes, kecuali bagi mereka yang memang tidak bisa mendapatkan vaksin karena kondisi kesehatan, wanita hamil, dan anak-anak di bawah 18 tahun.

Selain itu, Merkel mengatakan, Jerman kemungkinan akan menggunakan bukti vaksinasi, tes Covid-19 negatif, dan kepulihan dari penyakit itu sebagai syarat masuk ke fasilitas publik, seperti rumah sakit, restoran, hingga studio kebugaran.