Upacara Kemerdekaan, Bupati Bondowoso Sampaikan Penghargaan Dan Remisi

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat menjadi instruktur upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 76/RMOLJatim
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat menjadi instruktur upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 76/RMOLJatim

Momentum upacara kemerdekaan Indonesia ke-76 dilaksanakan dihalaman Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso, Selasa (17/8).


Upacara yang dilaksanakan secara terbatas tersebut hanya pimpinan daerah, dan sejumlah pejabat eselon II yang hadir. Sebagai peserta upacara pun hanya anggota TNI dan Polri yang tak banyak. 

Bupati Salwa Arifin yang menjadi pembina upacara pun turut menyerahkan sejumlah penghargaan Satyalancana Karya Satya dan remisi. 

"Ada sekitar 51 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memperoleh penghargaan dan 2 orang menerima remisi bebas," ujar Bupati Salwa, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Rinciannya yakni, ASN dengan  pengabdian 30 tahun ada 12 orang, kemudian ASN dengan pengabdian 20 tahun ada 16 orang, serta pengabdian 10 tahun ada 23 orang. 

"Semoga momentum ini menjadikan penuh makna buat kita semua," harapnya.

Setelah upacara usai, secara simbolis Bupati memberikan remisi diberikan kepada dua narapidana yang bebas di hari kemerdekaan.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klass II B Bondowoso, Sarwito menerangkan ada 173 narapidana yang diusulkan untuk memperoleh remisi. Namun, yang masa pengurangan tahanannya baru untuk 172 orang. 

"Yang satu saat ini masih tunggu SK lebih lanjutnya dari jumlah per hari 255," ujarnya.

Ia menjelaskan, ada dua orang yang masuk dalam remisi umum II, yakni mendapat pengurangan dan bebas hari ini. 

Sementara sisanya masuk kategori remisi umum II,  Yakni,  mendapat pengurangan tapi tidak bebas hari ini. 

"Pemotongan masa tahanan antara  satu sampai enam bulan," jelasnya. 

Ia menerangkan mereka yang mendapat remisi ini merupakan narapidana yang tersandung kasus beragam. Salah satunya adalah kasus pencurian.

"Semua kasus ada," tutupnya.