Food Court Destinasi Wisata di Banyuwangi Kembali Dibuka, Hanya Dibatasi 30 Menit Untuk Makan dan Minum

Warung di destinasi wisata Pantai GWD Banyuwangi/RMOLJatim
Warung di destinasi wisata Pantai GWD Banyuwangi/RMOLJatim

Food court atau warung-warung penyedia makanan yang berada di destinasi wisata di Banyuwangi telah buka, dengan batas waktu makan 30 menit. 


Setidaknya dari 6 lokasi wisata, pihak pengelola tidak memungut tiket masuk kepada pengunjung.

Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Pesona Bahari yang mengelola Pantai Grand Watu Dodol (GWD), Abdul Aziz, menyampaikan bahwa sejak sepekan terakhir atau per 17 Agustus 2021 food court di kawasan Pantai GWD telah buka.

Sebab, kata dia, sejak diberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat termasuk penutupan destinasi wisata, para pelaku/pengelola wisata mengaku menganggur alias tidak ada penghasilan.

"Untuk food court-nya kalau ada orang makan dilayani, 30 menit untuk makan. Sudah jalan sepekan ini," katanya, yang juga Ketua Asosiasi Pokdarwis Banyuwangi, Kantor Berita RMOLJatim, Senin (23/8).

Menurutnya, warung-warung yang ada di lokasi wisata tidak ada larangan untuk buka. Seperti halnya warung-warung di pinggir jalan, dengan batasan waktu 30 menit sesuai aturan pemerintah.

Selain di Pantai GWD, destinasi wisata yang ikut membuka warung-warung makan di antaranya Pulau Merah dan Pantai Mustika.

"Sekitar 5/6 destinasi yang ada warung-warungnya juga buka. Tapi untuk destinasi wisata seperti pantai tetap tutup, tidak menarik tiket lah," ungkapnya.

Khusus di Pantai GWD, dari 32 warung penyedia makanan-minuman hanya 12 warung yang dibuka, sisanya masih tutup.

Sedangkan, untuk jumlah pengunjung di food court GWD semenjak dibuka masih terbilang sepi. Pengunjung tetap diwajibkan menerapkan protokol kesehatan ketat, 5M. Di antaranya mencuci tangan dengan air mengalir, menjaga jarak, dan memakai masker.

"Kalau imbauan kita untuk yang selesai makan harus pulang. Kalau disaat menunggu makan boleh lah ke pantai dan ketika selesai makan ya harus keluar," tegas Aziz.