Kampung Jawi Jawarai Trisakti Tourism Award

Walikota Semarang Hendrar Prihadi saat di Kampung Jawi/RMOLJateng
Walikota Semarang Hendrar Prihadi saat di Kampung Jawi/RMOLJateng

Kampung Jawi yang mendapat predikat Kampung Tematik berada di Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang mendapat Juara 1 kategori Kuliner dalam ajang Trisakti Tourism Award.


Koordinator Kampung Jawi, Siswanto mengaku bahagia Kampung Jawi mendapat juara dalam ajang tersebut. 

Siswanto mengaku jika julukan kampung tematik yang disematkan utnuk kampung Jawi juga menjadi kewbanggan tersendiri bagi dirinya dan semua tim Kampung Jawi. 

Disinggung rahasia kemenangannya, Siswanto mengaku menonjolkan kuliner lokal yang sudah ada dari jaman nenek moyang untuk dilombakan dalam ajang tersebut.

"Saya sebagai pemerhati budaya maka akan saya pertahankan nuansa tradisional dan jatidiri kampung jawi yakni nguri-nguri budaya jawa dan secraa komitmen mempertahankan dan menghidupkan budaya kesenian tradisional yang paling utama adalah kulineran kampung jawi," kata Siswanto, dilansir dari Kantor Berita RMOLJateng, Jumat (3/9).

SIswanto menyebut ciri khas dari Kampung Jawi yang melekat erat menjadi salah satu daya tarik pengunjung Kampung Jawi selama ini adalah kuliner "ndeso" nya seperti teh yang diracik bersama jahe dan sereh bernama Teh Kawi (Kampung Jawi), Getuk dan Sego Berkat.

"Disini potensi singkong sangat banyak dan sering dibuat getuk dari dulu dan kini kita lestarikan hingga kini dan menjadi ciri khas kami, kami kreasikan ada getuk original, getuk bakar bakar dan getuk goreng, ada juga makanan besar yakni sego berkat yang dibungkus daun jati yang dari dulu memang sudah ada," bebernya.

Dengan mengedepankan kuliner tradisional warisan nenek moyang inilah, Kampung Jawi mampu menyabet juara. 

"Kami sangat berterima kasih juga atas support Pak Wali, Bu Wakil dan Bu Kadis Pariwisata kepada Kampung Jawi," tandasnya.