Bioskop dan Tempat Wisata di Banyuwangi Tetap Buka saat Libur Nataru

Salah satu destinasi wisata Banyuwangi Under Water (Bangsring)/RMOLJatim
Salah satu destinasi wisata Banyuwangi Under Water (Bangsring)/RMOLJatim

Tempat hiburan di Banyuwangi akan tetap dibuka selama masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Namun, jumlah pengunjung akan diberlakukan pembatasan, yakni 50 persen atau separuh dari kapasitas.


Plt, Kepala Dinkes Banyuwangi, Amir Hidayat mengatakan, selama libur Nataru pada 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 tempat wisata hingga tempat tempat hiburan bioskop diperbolehkan buka, dengan pembatasan jumlah pengunjung pengunjung dan jam operasional.

"Bioskop, kafe, tempat ibadah, mall, wisata semuanya masih boleh buka dengan ketentuan 50 persen kapasitas. Semuanya jam 9 malam harus sudah tutup," katanya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (20/12).

Pembatasan jam buka serta jumlah pengunjung itu diberlakukan agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19.

"Sesuai Inmendagri, maka semua kegiatan selama Natal dan tahun baru dibatasi. Berlaku untuk seluruh kegiatan masyarakat," ujar Amir.

Menurutnya, pada 24 hingga 2 Januari seluruh warga dilarang untuk bepergian jarak jauh. Selain itu, seluruh fasilitas umum akan ditutup, seperti RTH dan alun-alun. Pelaksanaan Natal pun juga diminta untuk dilakukan secara sederhana dan terbatas.

"Tidak ada yang boleh pulang kampung, arak-arakan atau demo. Jadi selama liburan Natal dan tahun baru semua masyarakat diminta untuk di rumah saja. Mirip seperti kebijakan darurat dulu," jelas Amir.

Khusus bagi ASN, TNI dan Polri seluruhnya juga dilarang untuk mengambil cuti untuk liburan. 

"Untuk layanan bioskop, hanya diperuntukkan bagi pengunjung lokal dengan kapasitas separuh dari kapasitas," pungkasnya.