Pemkab Bojonegoro Siapkan BPNT Daerah Bagi Warga yang Tidak Menerima Bansos BNPT Kemensos

Bupati Anna Mu'awanah saat menghadiri kegiatan pembinaan dan peningkatan kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) untuk RT- RW di Desa Sarirejo Kecamatan Balen/RMOLJatim
Bupati Anna Mu'awanah saat menghadiri kegiatan pembinaan dan peningkatan kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) untuk RT- RW di Desa Sarirejo Kecamatan Balen/RMOLJatim

Pemkab Bojonegoro telah menyiapkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Daerah bagi warga yang tidak menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Sembako dari Kementerian Sosial RI.


Hal itu disampaikan Bupati Anna Mu'awanah saat menghadiri kegiatan pembinaan dan peningkatan kapasitas Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) untuk RT- RW di Desa Sarirejo Kecamatan Balen. 

Acara penguatan kapasitas RT/RW juga dihadiri Kepala Dinas PMD dan Kepala Dinas PU Bina Marga Bojonegoro.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Anna mendengarkan langsung berbagai aspirasi dari RT-RW guna mengetahui saran dan kritikan dari masyarakat setempat yang di wakili RT - RW terkait Program Pemerintah.

"Saya ingin mendengarkan aspirasi dari RT/RW yang mewakili secara langsung apa kira kira pembangunannya sudah benar atau belum," ucapnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (17/9).

Bupati Anna menegaskan, dalam pembangunan wilayah ada yang menggunakan aset desa dengan menggunakan BKD, dan aset Pemkab yang menggunakan APBD.

Selain itu, Pemkab Bojonegoro telah menyiapkan BPNT Daerah, agar warga yang layak menerima BPNT Desa dari Kementerian maka Pemkab akan memberikan bantuan melalui BPNT Daerah. 

"Oleh sebab itu saya minta kepada Kades, RT RW mendata warga yang layak menerima BPNT pusat namun tidak dapat  agar dimasukkan dalam BPNT Daerah,” tegas Bupati Anna. 

Sementara, Kepala Dinas PMD Bojonegoro Machmuddin mengatakan, Ketua RT RW memilki peran yang dominan dalam mengemban tugasnya untuk masyarakat, karena sebagaian tugasnya membantu kepala desa setempat dan membantu untuk beraspirasi mewakili masyarakat.

"Karena itu, RT RW agar saling bersinergi dalam menyampaikan program- program pemerintah daerah kepada masyarakat," pungkasnya.