16 Kecamatan Di Kabupaten Jember Sudah Zona Kuning, Warga Diminta Taat Prokes

Plt Kadis Kominfo Pemkab Jember, Boby Arie Shandi.
Plt Kadis Kominfo Pemkab Jember, Boby Arie Shandi.

Sebaran covid 19 di Kabupaten Jember mulai melandai, sebanyak 16kecamatan di kabupaten Jember, sudah memasuki zona Kuning. Namun Masyarakat Jember, diminta tetap disiplin melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) pencegahan covid 19.


Dari data tim covid 19 kabupaten Jember, warga Jember yang terkonfirmasi Covid19 selama sepekan terakhir, sudah mengalami tren turun. Pasien sembuh bertambah banyak, warga meninggal karena Covid, hampir tidak ada.  

Update data terakhir, Senin (27/9) tercatat ada 4 orang positif Covid-19 baru, 6 sembuh dan 1 orang meninggal dunia.

 Sebaran peta covid 19, sebanyak 16 kecamatan dari 31 kecamatan di kabupaten Jember, sudah zona kuning. 

"Ini  menunjukkan kondisi Kabupaten Jember sudah semakin membaik, sebaran covid 19, sudah semakin rendah," kata Plt Kepala Dinas Kominfo Pemkab Jember, Bobby Arie Shandi Kepada Kantor Berita RMOLJatim, Selasa(28/9).

Namun dia meminta masyarakat tetap harus waspada, karena sebaran covid 19 masih ada, karena data hingga hingga Senin kemarin, tercatat  masih ada 4 orang warga Jember, yang terkonfirmasi positif Covid-19 baru.

 Beberapa hari kemarin, sudah tidak ada warganya, yang meninggal dunia karena terkonfirmasi Covid 19. Baru Senin kemarin, ada 1 warga meninggal dunia baru, terkonfirmasi covid 19. 

"Kami minta disiplin Prokes, terutama memakai masker serta  melakukan vaksinasi, untuk menciptakan herd Immunity (kekebalan kelompok),"katanya.

Sebelumnya,  Kabupaten Jember sudah berada pada PPKM level 1, namun beberapa hari kemudian,  kembali ke pada posisi  PPKM level 2.  Kembalinya Jember pada PPKM  level 2,  bukan berarti ada peningkatan kasus. Justru sebaran covid 19 di kabupaten Jember semakin rendah.

"Hanya saja ada indikator baru, syarat untuk masuk PPKM level 1, yakni capaian Vaksinasi minimal 50 persen. Ini lebih pada strategi Nasional pada percepatan vaksinasi, untuk mencapai Herd Immunity,"terangnya.

Menurutnya capaian vaksinasi di kabupaten Jember, kemarin baru 33 persen. Namun vaksinasi ini di Kabupaten Jember, terus berjalan menuju target minimal 50 tersebut. 

Karena itu, Pemkab Jember terus menggalakkan vaksinasi di seluruh tempat layanan kesehatan, rumah sakit dan puskesmas  di 31 kecamatan di kabupaten Jember.