Situbondo Raih Penghargaan Dari USAID Sebagai Kabupaten Terinklusif

 Bupati Karna Suswandi mengikuri acara seremonial secara virtual, dalam anugerah USAID di Situbondo/RMOLJatim
Bupati Karna Suswandi mengikuri acara seremonial secara virtual, dalam anugerah USAID di Situbondo/RMOLJatim

Kabupaten Situbondo, Jawa Timur memperoleh penghargaan dari Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (United States Agency for International Development/USAID) sebagai Kabupaten Terinklusif Tahun 2021.


Penghargaan itu diberikan, setelah sebelumnya Situbondo mengalahkan enam Kota/ Kabupaten di Jatim yang masuk nominator. Penyerahan penghargaan predikat Kabupaten Terinklusif diserahkan oleh Konsul Jenderal Amerika di Surabaya, Jonathan Alan, kepada Bupati Situbondo Karna Suswandi secara virtual.

"Alhamdulillah kami bisa memberikan sebuah penghargaan, dimana Kabupaten Situbondo terpilih sebagai kabupaten terinklusif di Jawa Timur," kata Bupati Situbondo, Karna, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (8/10).

Keberhasilan itu, sambung bupati, tidak lepas dari peran serta semua pihak terhadap Pemkab Situbondo, yang telah melakukan berbagai hal, hingga akhirnya bisa mendapatkan anugerah kabupaten terinklusif di Jatim.

Beberapa poin penting dalam perolehan anygerah itu, diantaranya adalah terbitnya perda disabilitas, pembangunan sarana prasana pembangunan yang ramah disabilitas hampir di semua tempat umum, termasuk pasar, alun-alun, serta pelayanan perkantoran.

Masih menurut Bupati Karna, predikat Kabupaten Terinklusif dari USAID yang merupakan mitra kunci yang bergerak di bidang ekonomi pembangunan dan kemanusian untuk negara lain di Indonesia, khususnya di kewirausahaan dan ketenagakerjaan.

Ia menambahkan, Pemkab Situbondo akan terus berusaha memenuhi hak-hak penyandang disabilitas, khususnya untuk pengembangan kewirausahaan maupun diketenagakerjaaan.

"Semoga dengan predikat Kabupaten Terinklusif ini bisa memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat dalam mewujudkan perekonomian inklusif. Salam inklusi, disabilitas berdaya, masyarakat sehat, ekonomi kuat, dan Situbondo Berjaya," tutupnya.