Program Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di Medan Berakhir, 28 Ribu Dosis Vaksin Telah Warga Terima

Program vaksinasi/Ist
Program vaksinasi/Ist

Selama dua bulan membuka layanan vaksinasi Covid-19 di Medan, Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit (SVIB) telah memberikan 28 ribu dosis vaksin ke warga Medan dan Sumatera Utara pada umumnya.


Melalui kerja sama dengan Rumah Sakit Umum Pusat H Adam Malik dan Pemerintah Kota Medan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) sebagai pelaksana dan inisiator program, berharap program SVIB ini bisa berkontribusi pada penanganan Covid-19 dan pencapaian vaksinasi di Medan dan Sumatera Utara secara umum menjadi provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Sumatera.

“Dalam satu hari, maksimal kami bisa melakukan penyuntikan kepada 700 warga, dan kuota untuk satu hari selalu habis. Penyelenggaraan program ini merupakan wujud komitmen kami selaku pelaku bisnis untuk mendukung pemerintah dalam mendorong percepatan pelaksanaan program vaksinasi covid-19 bagi masyarakat Indonesia,” kata Chief Corporate Affair Officer XL Axiata, Marwan O. Baasir, melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (5/11).

Kami, sambung Marwan, sangat menyadari penyelesaian persoalan Covid-19 ini tidak bisa dilakukan sendirian, namun harus dilakukan secara bersama-sama sesuai dengan kompetensi masing-masing dengan semangat kolaboratif.

Marwan menambahkan XL Axiata juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Kementrian Kesehatan (Kemenkes), Pemerintah Kota Medan (Pemko Medan), RSUP H Adam Malik, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kepolisian Daerah Sumatra Utara (Polda Sumut) dan mitra lainnya. Dengan program SVIB ini, berarti semakin banyak masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19, sehingga mereka bisa lebih terlindungi dan bisa beraktivitas kembali seperti semula, dan bisa mendorong pemulihan ekonomi.

Sementara itu, Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (Dirut RSUP HAM), dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K), kami mengucapkan terima kasih kepada XL Axiata atas kepercayaan, partisipasi dan kerjasamanya bersama RSUP H Adam Malik melaksanakan Sentra Vaksin Indonesia Bangkit.

“Vaksinasi telah dilakukan sejak tanggal 8 September 2021, di mana setiap hari bisa dilakukan suntikan vaksin kepada 500 warga. Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit ini telah membantu pemerintah untuk mencapai sasaran percepatan vaksinasi Covid-19,” jelasnya.

Pelaksanaan program vaksinasi yang diinisiasi oleh PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) ini berlangsung di RSUP H Adam Malik dan di Kecamatan Medan Selayang, Medan Johor, Medan Sunggal, dan Medan Tembung.

Terkait dukungan penanganan Covid-19, XL Axiata sejak awal pandemi tahun lalu juga telah memberikan donasi ratusan ribu unit APD untuk petugas medis di berbagai daerah, termasuk total lebih dari 150 miliar rupiah dalam berbagai bentuk mulai dana tunai hingga dukungan sarana telekomunikasi bagi masyarakat dan instansi terkait serta penguatan jaringan telekomunikasi secara khusus di sejumlah rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di seluruh Indonesia.

Layanan vaksinasi Covid-19 SVIB di RSUP H Adam Malik Medan dan beberapa Kecamatan resmi berakhir pada 5 November 2021. Penutupan acara SVIB dilaksanakan di Gedung Paviliun RSUP H Adam Malik Medan, Kamis (4/11).

Pada kesempatan tersebut, XL Axiata menyerahkan donasi 10 kursi roda dan 5 router XL Axiata beserta paket internet untuk keperluan RSUP H Adam Malik Medan. Penyerahan donasi langsung diserahkan Group Head West Region XL Axiata, Desy Sari Dewi dan Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih kepada Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan & Penunjang RSUP H Adam Malik, DR. dr. Fajrinur, M.Ked (Paru), Sp.P (K).