Banyak Kesamaan Potensi, Bupati Malang dan Pemkab Blitar Tandatangani Kesepakatan Bersama

Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM saat Tandatangani Kesepakatan dengan Pemkab Blitar/Ist
Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM saat Tandatangani Kesepakatan dengan Pemkab Blitar/Ist

Banyak memiliki kesamaan potensi, Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Malang dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama di pringgitan Kabupaten Malang, Senin (22/11). 


Kesamaan potensi itu tak lain adalah di sektor pertanian, perikanan, peternakan, dan beberapa kesamaan lainnya berpeluang untuk semakin ditingkatkan. Seperti yang disampaikan oleh Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Blitar dan semua pihak atas terwujudnya keberlanjutan kesepakatan bersama ini, karena langkah ini penting dalam menciptakan keterpaduan pembangunan antar daerah dalam rangka mewujudkan efisiensi, efektifitas, serta sinergi dalam penyediaan pelayanan umum di berbagai bidang mengingat bahwa banyak kesamaan potensi," ujar orang nomer satu di Kabupaten Malang tersebut. 

Pemberian otonomi kepada daerah, lanjut Sanusi, dapat memberikan ruang yang luas bagi daerah untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

"Perubahan terjadi secara dinamis dari tahun ke tahun, baik dilihat dari aspek kewenangan daerah, kelembagaan, kepegawaian, anggaran, hubungan eksekutif dan legislatif maupun pelayanan publik. Maka dapat dilakukan dengan pertukaran teknologi, potensi dan kolaborasi antar kedua daerah, terutama soal jalan perbatasan antara Kabupaten Malang dan Blitar yang harus ditingkatkan lewat kolaborasi ini, agar nantinya dengan kualitas yang bagus akan mendongkrak perekonomian masyarakat di perbatasan daerah,” tambah Bupati Malang.

Tak hanya itu, Sanusi juga menjelaskan bahwa terjalinnya penandatanganan kesepakatan tersebut, terjadi atas pertimbangan efisiensi dan efektifitas pelayanan publik, serta sinergi yang saling menguntungkan. 

"Peluang kerjasama seperti inilah yang harus terus kita bangun dan di upayakan bersama, Mengingat setiap daerah pasti memiliki potensi yang dapat dikerjasamakan dengan daerah lainnya, baik itu potensi ekonomi, sosial budaya, pariwisata maupun sumber daya alam, dan yang tidak kalah penting adalah pelayanan publik,” tandas Sanusi yang akrab di sebut Abah Sanusi. 

Masih kata Abah Sanusi, Kabupaten Malang merupakan suatu wilayah yang secara geografis sangat berdekatan, penandatanganan kerja sama ini merupakan suatu bentuk kepedulian dan keseriusan antar Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar.

"Kami berharap agar kegiatan ini dapat segera ditindaklanjuti dengan kerja sama oleh tim teknis Pemerintah Daerah masing-masing. Dan, dari pemikiran yang sama ini, tujuannya untuk memberikan yang terbaik kepada daerah dan masyarakatnya," imbuhnya.

"Semoga kehadiran dan pertemuan kita ini menjadi langkah yang positif untuk membangun kerjasama yang harmonis, saling menguntungkan dan memberikan dampak positif bagi daerah serta masyarakat utamanya yang ada di wilayah Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar,” tandasnya.

Pada pertemuan tersebut, nampak hadir Bupati Blitar, HJ. Rini Syarifah, AMd beserta rombongan dan Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, serta beberapa jajaran Perangkat Daerah di Kabupaten Malang.