Madiun Tawarkan Proyek Bangun 7.400 Alat Penerangan Jalan

Rencana proyek pembangunan APJ/net
Rencana proyek pembangunan APJ/net

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun menyelenggarakan kegiatan Market Consultation proyek pembangunan Alat Penerangan Jalan (APJ) di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.


Kegiatan market consultation merupakan bagian dari proses persiapan yang telah dilakukan sebelumnya, yakni Market Sounding pada 15 Desember 2020 lalu.

"Acara market consultation bulan kemarin memberikan peluang bagi calon investor, pihak yang terkait. Begitupun pemkab bisa m merealisasikan kegiatan promosi peluang investasi di Kabupaten Madiun," terang Bupati Madiun H Ahmad Dawami di sela-sela acara peresmian PISEW kepada Kantor Berita RMOLJatim di Madiun, Selasa (23/11).

Bupati menambahkan, proyek ini bertujuan untuk mendukung pusat pemerintahan dan pusat perekonomian baru di Caruban, membangun ekonomi di Kawasan Strategis Selingkar Wilis (berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 80/2019) yang memiliki potensi investasi, serta untuk memberikan keamanan, kenyamanan pengguna jalan dan aktivitas sosial masyarakat.

Dari data yang diperoleh, proyek ini menggunakan skema Design-Build-Finance-Operate-Maintain-Transfer (D-B-F-O-M-T) dengan nilai Capital Expenditures (CAPEX) sebesar Rp 90 miliar (termasuk insurance, indirect cost/IDC, financing fees), dan nilai operating expenses (OPEX) sebesar Rp 1,4 miliar per tahun.

Mekanisme pengembalian investasi proyek melalui pembayaran ketersediaan layanan/availability payment sebesar Rp 20,8 miliat per tahun (termasuk PPN). Jangka waktu kerja sama selama 11 tahun (termasuk masa konstruksi selama satu tahun).

Proyek ini menggunakan skema Design-Build-Finance-Operate-Maintain-Transfer (D-B-F-O-M-T) dengan nilai Capital Expenditures (CAPEX) sebesar Rp 90 miliar (termasuk insurance, indirect cost/IDC, financing fees), dan nilai operating expenses (OPEX) sebesar Rp 1,4 miliar per tahun.

Sekedar diketahui, proyek KPBU Pembangunan APJ di Kabupaten Madiun yang akan ditawarkan kepada calon investor, meliputi pembangunan 7.400 titik APJ di sepanjang 299,6 km yang terdiri dari: Jalan Nasional (70,4 km); Jalan Kabupaten (221,7 km); dan Jalan perkotaan Caruban (7,5 km).