ASN Pemkab Mojokerto Dituntut Disiplin dan Berakhlak

Para ASN Pemkab Mojokerto saat melakukan apel/Ist
Para ASN Pemkab Mojokerto saat melakukan apel/Ist

Para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto dituntut menerapkan prinsip Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif atau Berakhlak dalam setiap melakukan tugas-tugas birokrasi. Azas ini diperkuat dengan motto ‘Bangga Melayani Bangsa’.


Tuntutan tersebut ditegaskan lagi oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati kepada para ASN jajaran pemerintahannya  di Kantor Pemkab Mojokerto, Kamis (25/11).

"Core values ASN Berakhlak dengan motto Bangga Melayani Bangsa sangat dibutuhkan untuk mewujudkan integritas, profesionalitas dan pengabdian untuk Kabupaten Mojokerto maju, adil dan makmur. Itu adalah pondasi kita untuk berpikir, dalam perilaku dan bekerja,” kata Bupati Ikfina dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Pelaksanaan apel ditata dalam pembagian jadwal 50 persen menggunakan prokes ketat, untuk menghindari kerumunan berlebih.

"Apel ini untuk meningkatkan imunitas menghadapi Covid-19, karena kita berjemur di bawah sinar matahari pagi yang bermanfaat. Jagalah manajemen waktu. Karena sebagai ASN, sikap disiplin harus menjadi karakter kinerja kita sehari-hari,” ujarnya.

Sementara Sekdakab Teguh Gunarko mengatakan bahwa aktivitas pagi merupakan bagian dari bentuk kedisiplinan ASN yang telah diatur dalam undang-undang. Dari apel yang juga diikuti Wabup Muhammad Albarraa kali ini, Teguh berharap agar tercipta pondasi budaya kerja yang baik.

“Mulai hari ini kita melaksanakan apel pagi, sesuai Peraturan Pemerintah tentang Disiplin Pegawai yang salah satunya terkait apel pagi. Walau hanya 50 persen karena masih berada di PPKM level 2, kami harap aktivitas ini dapat menyeragamkan nilai-nilai dasar  bagi seluruh ASN sehingga menjadi pondasi budaya kerja yang profesional,” jelas Teguh Gunarko.