Pantau Penerapan Prokes dan Antisipasi Gelombang Ketiga, Polisi Banyuwangi Siaga di Tempat Wisata

Kabagops Polresta Banyuwangi, Kompol Agung Setya Budi/RMOLJatim
Kabagops Polresta Banyuwangi, Kompol Agung Setya Budi/RMOLJatim

Kondisi Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi berdasarkan asesmen Kemenkes RI diketahui berada di level 1. Untuk mempertahankan posisi tersebut aparat kepolisian disiagakan di sejumlah titik, termasuk destinasi wisata.


Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polresta Banyuwangi, Kompol Agung Setya Budi menyatakan, sebagai langkah antisipatif dan upaya pendisiplinan masyarakat di tempat wisata pihaknya menyiagakan petugas untuk memantau penerapan prokes, khususnya masker.

"Selain menyiagakan petugas, kami juga telah mensuplai masker ke polsek jajaran. Untuk diberikan kepada pengunjung wisata yang lupa atau tidak memakai masker," katanya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (25/11).

Hal itu, kata dia, juga untuk antisipasi terjadinya gelombang ketiga Covid-19. Serta mengingatkan kembali masyarakat agar tidak kendur dalam mematuhi protokol kesehatan, seperti menghindari kerumunan dan memakai masker.

"Kalau masker masih kurang akan disuplai kembali oleh Bagops atau bisa berkoordinasi dengan Polresta," tegasnya.

Untuk itu, di titik keramaian khususnya tempat wisata perlu ada petugas yang mengawasi penerapan prokes. Sekaligus memberikan keamanan bagi wisatawan.

Sementara untuk pembatasan jumlah pengunjung wisata bersifat kondisional. Dalam arti menyesuaikan dengan kapasitas di destinasi wisata tersebut.

"Untuk pemantauan di lokasi wisata nanti anggota polsek bersama jajaran forpimka akan berkoordinasi melakukan pemantauan penerapan prokes," ujar Agung.

Diketahui, per 21 November 2021, di Banyuwangi rasio tracing berada diangka 20.50, angka positivity rate 0.40 per minggu, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit hari ini tidak ada alias zero. Sedangkan angka Bed Occupancy Rate (BOR) hanya sebesar 0.29 per minggu.

Sedangkan, capaian vaksinasi dosis 1 sebesar 77,23 persen dari total sasaran 1.340.222 orang. Capaian vaksinasi dosis 1 untuk lansia mencapai 69,31 persen, sehingga berdasar asesmen oleh Kemenkes RI status Banyuwangi berada pada PPKM level 1.