PCNU Gresik Optimis Kemandirian NU Dalam Muktamar Lampung

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

PCNU Kabupaten Gresik, memastikan kemandirian NU dan tak mungkin bisa diintervensi oleh pihak manapun dalam kegiatan Muktamar ke 34 Lampung yang bakal digelar dalam waktu kedepan.


Ketua PCNU Gresik KH Chusnan Ali, menyayangkan adanya sinyalemen bahwa kegiatan Muktamar ke 34 tak luput dari intervensi dan campur tangan pihak pemerintah pusat.

"Sejak dulu NU sebenarnya telah berkomitmen untuk menanamkan kemandirian organisasi dan kemandirian organisasi ini sebenarnya selalu diperjuangkan bukan saja di tingkat nasional, tapi juga dari tingkat bawah,” katanya kepada Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (30/11).

"Penting bagi warga NU, untuk meyakini kemandirian NU dari Muktamar ke Muktamar telah terbukti nyata. Sehingga saya yakin, Muktamar ke 34 Lampung Insya Allah kemandiriannya bisa dibuktikan tanpa ada campur tangan pihak lain," tuturnya.

Ditanya terkait tarik ulur dan sikap PCNU Gresik terhadap kegiatan Muktamar NU ke 34 yang bakal berlangsung di Lampung. KH Chusnan Ali menegaskan pihaknya akan bersikap proposonal dan profesional.

"Kami percaya  PBNU memiliki mekanisme untuk mengambil keputusan tentang pekaksanaan Muktamar ke 34, yang penting ini," ucapnya.

"Mau dimajukan atau diundur pelaksanaannya Muktamar, PCNU Gresik tidak pada posisi setuju maupun menolak. Karena PCNU Gresik, akan tetap mentaati apa yang menjadi keputusan PBNU," tukasnya.

"Kalau ditanya siapa yang pas memimpin NU, saya pikir Tokoh dan Kader NU mempunyai hak yang sama untuk memimpin NU. Begitu juga PWNU dan PCNU juga punya hak untuk memberikan dukungan secara bertanggung jawab tanpa menafikan peran dan potensi tokoh yang tidak didukung," tandasnya.

"Harapan kami, semoga Muktamar NU ke 34 di Lampung nantinya bisa berlangsung dengan lancar sukses dan barokah. Aamiin..," tutupnya.