Pemkab Jember Salurkan Bansos Untuk 11.848 Guru Ngaji

penyerahan bantuan kepada guru ngaji/ist
penyerahan bantuan kepada guru ngaji/ist

Pemkab Jember, melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kabupaten Jember, mulai menyalurkan bantuan sosial kepada guru ngaji tahun anggaran 2021.


Penyaluran bantuan sosial (Bansos) guru ngaji sejumlah hampir 12 ribu orang ini dilakukan  secara bertahap, dimulai dari kecamatan Patrang, Rabu (1/12) pagi. Langkah ini, sebagai perwujudan Program Bupati Jember, Hendy Siswanto, yang tertuang dalam visi dan missi  saat masa kampanye lalu.

"Sejumlah 300 Guru ngaji di kecamatan Patrang, masing-masing menerima uang tunai Rp.1.500.000. Jumlah ini, lebih besar tahun-tahun sebelumnya," Kabag Kesra Pemkab Jember, Drs. H. Achmad Mushoddaq, M.Hi, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

 Menurut dia bantuan kepada guru ngaji ini, diberikan dalam bentuk Bansos, bukan insentif.  Sebab, sesuai regulasi yang baru, yakni  Permendagri nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah,  Pemkab Jember belum bisa memberikan dana insentif kepada guru ngaji. 

Sebab, sebab guru ngaji tidak melaksanakan tupoksi Kesra. 

"Pemkab Jember hanya bisa memberi  Bansos guru ngaji, sehingga tidak bisa diberikan secara rutin setiap tahun berturut-turut, harus ada jeda satu tahun," katanya.  

Dia juga  menjelaskan, hasil pendataan terhadap guru ngaji, yang dilakukan Pemkab Jember, bersama  steakholder terkait,  jumlah total guru ngaji di kabupaten Jember, ada sebanyak 23.697 guru ngaji. 

Namun  karena keterbatasan anggaran, maka tahun ini  Pemkab Jember, baru memberikan Bansos  guru ngaji, hanya separuh dari jumlah tersebut atau 11.848 orang. 

"Sedangkan  separuhnya, akan diberikan tahun depan, tahun 2022," terang Mushoddaq. 

 Penyaluran Bansos guru ngaji, sebagai kelanjutan dari penyerahan secara simbolis, oleh  Bupati Hendy, saat acara pembukaan Musyawarah Qiraatil Qutub (MQK) di aula PB Sudirman, Kamis (25/11) lalu.

Hari ini ditindaklanjuti dengan pembagian langsung kepada guru ngaji, di Kantor  kecamatan Patrang, melalui Bank BRI setempat

."Untuk penyerahan bansos guru ngaji berikutnya tinggal menunggu jadwal dari pihak Bank BRI Cabang Jember. Sebab, anggaran  untuk sejumlah 11.848 guru ngaji, sudah ditransfer ke Bank BRI,"terangnya.