Indonesia Bangkit, 1831 Desa Masuk Kategori Tempat Wisata

Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di Ciputra Artpreneur Theater,, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa malam (7/12)./Dok
Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 di Ciputra Artpreneur Theater,, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa malam (7/12)./Dok

Ekonomi desa wisata dapat mewujudkan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Bahkan, Desa Wisata diyakini mampu membangkitkan perkekonomian bangsa. Kebangkitan ekonomi desa berarti kebangkitan ekonomi nasional.


“Kita akan terus kembangkan desa wisata, karena ada peningkatan ekonomi sekitar 20-30% dari desa wisata,” kata Menteri Pariwisata dan Eknomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno di acara Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di Ciputra Artpreneur Theater, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa malam (7/12).

Sandiaga mengatakan, ADWI 2021 dengan tema “Indonesia Bangkit” yang digagas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bertujuan membantu desa wisata di Tanah Air untuk berjuang bangkit di tengah pandemi Covid-19.

“Anugerah Desa Wisata diharapkan dapat menjadi daya ungkit untuk desa wisata di Indonesia agar bisa bangkit di era pandemi," kata Sandi.

Sandi mengungkapkan, ada 57.000 desa yang memiliki potensi wisata di seluruh Indonesia yang ikut dalam ADWI 2021 tersebut. Calon desa pendaftar tidak hanya bagi desa yang baru, melainkan desa wisata rintisan, berkembang dan maju yang belum mendaftarkan desanya juga bisa mengikuti program ini. Dari program ini, Kemenparekraf mencatat lebih dari 1.831 desa yang masuk ke dalam data Desa Wisata Indonesia.

Sandiaga menambahkan, pengembangan desa wisata dilakukan untuk menciptakan destinasi yang berkualitas, resilient dan berkelanjutan. Desa wisata adalah kawasan dengan potensi dan keunikan daya tarik wisata khas, yakni merasakan pengalaman keunikan kehidupan dan tradisi masyarakat di pedesaan dengan segala potensinya.

“Program ini diharapkan bisa mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat,” ujar Menparekraf.

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 diberikan kepada 35 desa terpilih dalam tujuh kategori. Masing-masing kategori ditetapkan lima desa pemenang tingkat nasional.