Mengintip Indahnya Pucok Krueng

Pucok Krueng/RMOLAceh
Pucok Krueng/RMOLAceh

Bagi wisatawan yang ingin bepergian ke Aceh Besar, daerah ini tak melulu menawarkan pesona keindahan laut. Banyak juga daerah sungai yang layak dikunjungi untuk bersantai bersama andai toulan.


Satu di antaranya adalah Pucok Krueng. Wisata Pucok Krueng menyajikan keindahan alam alami. Di sini, wisatawan dapat menikmati air jernih, hijau kebiruan, di tepi gugusan batu gamping.

"Keindahan batu karstnya sangat luar biasa," kata Hendra Syahputra, warga Aceh Tamiang, dklansir dari Kantor Berita RMOLAceh,  Jumat (10/12).

Hendra mengkhususkan waktu untuk datang dari Aceh Tamiang ke Pucok Krueng. Dia meyakini di daerah yang indah, tersimpan banyak tanaman yang bisa dijadikan tanaman hias. 

Hendra menggemari tanaman hias.

Setelah mengamati lokasi ini, Hendra mendapati sejumlah tanaman hoya dan anggrek spesies di tebing karst yang belum terjamah.

Tak hanya itu, Pucok Krueng juga memiliki sejumlah goa. Daerah ini cocok bagi mereka penggila andrenalin. Namun, untuk menjelajahi goa-goa yang ada, tentu membutuhkan pemandu wisata lokal yang memahami utuh seluk beluk goa tersebut.

Hendra berani bertaruh, siapapun yang pertama kali melihat kawasan ini pasti terpesona. Air yang jernih, gugusan batu gamping dan kesejukan udara serta pepohonan yang hijau membuat siapapun betah menghabiskan hari di kawasan ini.

“Pesan saya, yang penting kebersihan lokasi ini dijaga. Terutama dari sampah plastik. Jangan rusak kawasan ini dengan sampah kita,” kata Hendra.