Sandiaga Uno Klaim Omzet UMKM Naik 10 Kali Lipat Berkat Produk Kreatif

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno/Net
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno/Net

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengungkap omzet peserta UMKM dalam program Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 naik hingga 10 persen.


AKI 2021 yang berlangsung di 16 kota dengan mengangkat tema "Produk Indonesia untuk Ekonomi Kuat" itu bahkan diakui telah meningkatkan produksi ekonomi kreatif.

"Pendampingan dan mentoring yang diberikan AKI 2021 terbukti mampu meningkatkan pendapatan peserta UMKM 10 kali lipat," kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/12).

Sandiaga menjelaskan, AKI 2021 merupakan salah satu persembahan Kemenparekraf sebagai wadah kreasi untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat. Acara puncak digelar di Jakarta pada 9, 10, dan 11 Desember 2021.

"Program ini dibuat agar bisa mengangkat potensi, semangat, dan pendapatan dari pelaku di industri kreatif. Ini juga kesempatan bagi masyarakat untuk dapat meningkatkan pengetahuan," sambungnya seperti dimuat Kantor Berita Politik RMOL.

Politisi Gerindra ini menegaskan, ekonomi kreatif adalah sebagai tiang penopang ekonomi Indonesia. Melalui ekonomi kreatif, juga diyakini bisa mewujudkan kebangkitan ekonomi Indonesia di masa pemulihan pandemi Covid-19.

Berkenaan dengan AKI 2021, Sandiaga membuka pintu bagi para pelaku usaha untuk ikut program tersebut dengan mengakses website apresiasikreasiindonesia.com. Nantinya peserta akan akan mengikuti pameran dan inkubasi usai dinyatakan lolos.

Berbagai pelatihan akan diterima peserta, mulai dari materi; bisnis model, hak kekayaan intelektual, digital promotion, perencanaan keuangan dan investasi, serta beberapa lainnya.