PCNU Jember Berangkatkan Delegasi Muktamar NU ke 34 di Lampung 

Pemberangkatan delegasi PCNU Jember, Ketua PCNU Jember, Dr. KH Abdullah Syamsul Arifin dan Skretaris PCNU Jember, Dr. Hamid Pujiono dan rombongan/RMOLJatim
Pemberangkatan delegasi PCNU Jember, Ketua PCNU Jember, Dr. KH Abdullah Syamsul Arifin dan Skretaris PCNU Jember, Dr. Hamid Pujiono dan rombongan/RMOLJatim

Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jember memberangkatkan delegasi Muktamar Nahdatul Ulama ke 34 di Lampung, Senin (20/12) siang.  


Rombongan PCNU Jember, sebanyak 16 orang terdiri pengurus harian, berangkat menggunakan bus untuk mengikuti kegiatan muktamar yang digelar Rabu-Kamis (22 - 23 Desember 2021), maju sehari dari jadwal semula (23-25 Desember 2021). 

"Selain itu, ada rombongan lain yakni rombongan MWCNU di Jember, Rombongan GP Ansor/ Banser, Juga rombongan PCNU Kencong  berangkat sendiri," kata  Sekretaris PCNU Jember, Dr. Hamid Pujiono kepada Kantor Berita RMOLJatim.

Sementara delegasi resmi masing-masing cabang yang berangkat sebanyak 3 orang, yang terdiri Rais syuriah PCNU, Ketua Tanfidziyah PCNU, dan sekretaris PCNU. 

Dia menjelaskan, bahwa dalam pelaksanaan muktamar nantinya, setelah merumuskan program nu kedepan, akan ada 2 sistem pemilihan. Yang pertama, Rois Syuriah PCNU se Indonesia yang akan memilih 9 kyai sepuh NU, untuk menjadi Ahlul Halli Wal Aqdi (Ahwa). 

"9 Ahwa inilah yang bakal menunjuk ro'is am PBNU," jelasnya.

Diketahui, bahwa Ahlul halli wal aqdi merupakan institusi khusus yang berfungsi sebagai badan legislatif yang ditaati, berisi orang-orang berpengaruh dalam jamiyyah NU, dan dibentuk untuk keperluan khusus.

Sedangkan yang kedua, lanjut dia, memilih ketua umum PBNU ditentukan oleh peserta muktamirin.

"Untuk delegasi Jember akan wakili oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Jember, KH Doktor Abdullah Syamsul Arifin alias Gus Aab," ucap Dosen UIN KHas Jember ini. 

Hamid Pujiono menambahkan, untuk Rois Syuriah PCNU Jember diwakili Katib PCNU, KH M. Dawam, Karena Rais Syuriah PCNU, KH Muhyiddin Abdussamad berhalangan hadir.

Sebelumnya, forum permusyawaratan tertinggi NU, akan ditempatkan Pulau Sumatera paling Selatan. Posisi provinsi Lampung secara geografis di sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Hindia, di sebelah Timur dengan Laut Jawa, di sebelah Utara berbatasan dengan provinsi Sumatra Selatan, dan di sebelah Selatan berbatasan dengan Selat Sunda.

Ada tiga lokasi yang akan digunakan sebagai tempat Muktamar, yaitu  Universitas Islam Negeri Raden Intan dan Universitas Malahayati di Kota Bandar Lampung, serta Pondok Pesantren Darussa’adah di Kabupaten Lampung Tengah.


ikuti update rmoljatim di google news