Waspada Serangan Teror, Polres Probolinggo Terjunkan Personil di Tempat Ibadah

Kapolres Probolinggo, saat mengecek para personil. /RMOLJatim
Kapolres Probolinggo, saat mengecek para personil. /RMOLJatim

Polres Probolinggo melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2021 di halaman Mapolres Probolinggo, Kamis (23/12).


Apel gelar pasukan ini sebagai bentuk pengecekan akhir persiapan pasukan dalam rangka pengamanan Natal tahun 2021 dan tahun baru 2022.

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2021 dipimpin oleh  Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, dan dihadiri oleh unsur TNI-Polri (Kodim 0820 Probolinggo dan Polres Probolinggo), Kejaksaan Negeri Kraksaan, Pengadilan Negeri Kraksaan dan instansi pada Pemkab Probolinggo seperti Dishub, Satpol PP, BPBD, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo.

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengungkapkan, Operasi Lilin Semeru 2021 dilakukan selama 10 hari mulai tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Petugas akan melakukan tindakan preemtif dan preventif selama melaksanakan Operasi Lilin Semeru 2021.

“Operasi Lilin akan dilakukan selama 10 hari mulai tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022,” ungkap AKBP Teuku Arsya Khadafi, dikutip Kantor Berita RMOL Jatim.

Menurutnya, pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan saja. Melainkan, untuk menjadikan cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini. 

"Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19," paparnya.

Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi. 

"Antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan," tegasnya.

Selain itu, Kapolres Probolinggo juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin Semeru tahun 2021.

"Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, dan senantiasa menjadi catatan amal ibadah kita,” pungkasnya.