Awali Tahun 2022, Ini Pesan Bupati Jombang Untuk Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik

Bupati Jombang pada apel kerja awal tahun 2022/ist
Bupati Jombang pada apel kerja awal tahun 2022/ist

Awali Tahun 2022, Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang akan terus meningkatkan kinerja pelayanan publik lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.


Hal itu dilontarkan Bupati Jombang, HJ Mundjidah Wahab dalam Apel Kerja awal tahun, Senin (03/01) pagi, dihalaman parkir Kantor Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Jombang.

Apel itu diikuti pejabat struktural dan pejabat fungsional hasil penyetaraan jabatan lingkup Pemkab Jombang, juga para Direktur Perusahaan Daerah. Dalam apel tersebut, tetap melaksanakan protokol kesehatan ketat.

"Semoga tahun 2022 Pemkab Jombang ini mampu memberikan nuansa baru yang segar dalam memperbarui tekad, harapan dan semangat untuk lebih baik lagi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, sehingga menjadi lebih maju lagi," harap Bupati Mundjidah, dalam paparannya mengawali sambutannya, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Ia meminta, semua pihak baik ASN maupun tenaga non ASN mendedikasikan waktu dan pikirannya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang profesional. Dengan bersatu dan kebersamaan, maka diperoleh hasil yang luar biasa.

Pihaknya juga mengutip salah satu Hadits Nabi, 

"Barangsiapa hari ini lebih baik daripada hari kemarin, maka ia adalah orang yang beruntung. Barangsiapa hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia adalah orang yang merugi. Dan barangsiapa hari ini lebih buruk daripada hari kemarin, maka ia adalah orang yang terlaknat," ungkapnya.

"Mari kita berkomitmen untuk berfikir cerdas, bekerja keras, dan bertindak tuntas membangun Jombang untuk mewujudkan Visi  Jombang yang Berkarakter dan Berdaya Saing," sambungnya.

Bupati juga menyebut bahwa pada 27 Juli 2021, Presiden RI Joko Widodo secara resmi meluncurkan core values ASN 'Berakhlak' dan budaya kerja ASN 'Bangga Melayani Bangsa', yang merupakan momentum untuk mengakselerasi transformasi ASN di Kabupaten Jombang. 

Sebagai panduan berpikir, bertutur, dan berperilaku, core values ASN diimplementasikan dalam kata 'Berakhlak'  yaitu : Berorientasi pelayanan – seorang ASN diharapkan mampu memahami dan memenuhi ekspektasi masyarakat dalam memberikan pelayanan publik (ramah, cekatan, solutif, dapat diandalkan dan perbaikan berkelanjutan).

Bupati juga meminta para ASN untuk menyikapi berbagai kritik dari masyarakat secara responsif dan konstruktif, yakni menjawab kritik masyarakat dengan melakukan inovasi, meningkatkan kualitas pelayanan publik, serta pelayanan birokrasi yang makin murah, makin cepat, makin mudah dan makin baik.

"Sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat, kita harus menunjukkan kemampuan, dedikasi, kinerja dan prestasi terbaiknya untuk mewujudkan misi dan visi Kabupaten Jombang," pungkasnya.