Kota Kediri Siap Laksanakan PTM 100 Persen

Proses belajar mengajar siswa di masa pandemi/Ist
Proses belajar mengajar siswa di masa pandemi/Ist

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri, sekolah di wilayah PPKM Level 1 dan 2 dapat menggelar pertemuan tatap muka setiap hari dengan jumlah siswa 100 persen.


Terkait wacana tersebut, Dinas Pendidikan Kota Kediri mengingatkan orang tua untuk mempersiapkan kebutuhan anak agar dapat bersekolah dengan aman. 

Dinas Pendidikan Kota Kediri sudah berkoordinasi dengan sekolahan untuk mempersiapkan Protokol Kesehatan dengan ketat. Marsudi Nugroho, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Kediri mengatakan, untuk PTM 100% akan dimulai Senin pekan depan atau tanggal 10 Januari 2022. 

"Kami sudah berkoordinasi dengam seluruh sekolahan di Kota Kediri, agar mempersiapkan Protokol Kesehatan, dalam menyambut PTM 100 persen minggu depan," kata Marsudi kepada Kantor Berita RMOLJatim, Senin (3/1). 

Marsudi menambahkan, sebanyak 8 SMPN dan 25 SMP Swasta, serta SD sebanyak 111 SD Negeri dan 24 SD swasta, sudah siap menggelar PTM 100%. Khusus untuk kelas 6 SD masuk 100% karena sudah divaksin lengkap dua kali. Sedangkan untuk kelas 1-5 SD masih bergantian, atau masih 50% karena baru menerima vaksin satu kali. Jika sudah divaksin dua kali maka akan PTM mengikuti 100%. Sedangkan untuk TK dan PAUD masih 50% karrna belum mendapatkan vaksin. 

Sementara itu, Satriyani Widyawati Rahayu Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Kediri mengatakan, untuk SMPN 1 Kota Kediri, sudah siap melaksanakan PTM 100% dengan protokol Kesehatan secara kerat. Semua aturan protokol kesehatan, baik tata cara masuk dan pulang, juga sudah diatur. 

"Pihak sekolah sudah melakukan persiapan, termasuk dalam protokol kesehatannya dan juga jalan saat masuk kedalam dan keluar sekolah. Untuk menghindari kerumunan, saat istirahat juga akan dibagi waktunya," jelas Satriyani. 

Satriyani berharap, dengan adanya pembelajaran tatap muka 100% ini, akan kembali menumbuhkan semangat belajar para siswa.