Bocah 10 Tahun Diketahui Positif Covid-19 di Kota Kediri

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, dr Fauzan Adima/RMOLJatim
Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, dr Fauzan Adima/RMOLJatim

Seorang bocah berusia 10 tahun di Kelurahan Ringinanom, Kota Kediri, terkonfirmasi positif Covid-19. 


Satu kasus baru ini terdekteksi setelah kurang lebih tiga pekan terakhir Kota Kediri bebas dari Covid-19. 

Terakhir Kota Kediri mencatat satu kasus baru pada 6 Desember tahun lalu. Setelahnya, Kota Kediri tak lagi menemukan kasus Covid-19 baru hingga Senin, 3 Januari 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dr. Fauzan Adima mengatakan, awalnya pasien mengeluhkan kondisi tubuh yang panas disertai muntah. Kemudian pasien dirawat di RSUD Gambiran Kota Kediri sesuai prosedur dan dilakukan tes PCR. Ternyata, hasilnya positif. 

Hingga kini petugas nakes masih terus melalukan tracing terhadap pihak-pihak yang diduga kontak erat dengan pasien. Termasuk anggota keluarga dan teman sekolah pasien. Sejauh ini, belum ditemukan orang terpapar lainnya.

"Secara Prosedur dengan dilakukan test PCR, dan ternyata memang positif. Kami dari Dinas Kesehatan sedang melakukan tracing yang melakukan kontak erat dengan pasien, termasuk keluarga dan tan sekolahnya," kata Fauzan kepada Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (5/1). 

Menurut dr. Fauzan, sampai saat ini kondisi pasien yang terkonfirmasi Covid-19 masih stabil. Disinggung terkait varian Omicron, dr. Fauzan menanggapi bahwa belum dilakukan serangkaian uji laboratorium selain PCR untuk mendeteksi varian tersebut lantaran baru lab di Surabaya yang bisa digunakan untuk serangkaian tes, sementara fasilitas lab di Kota Kediri belum memadai. 

Meski begitu, dari segi gejala pasien tidak ada tanda-tanda yang mengarah ke varian Omicron. Namun, apapun variannya dr. Fauzan meminta masyarakat untuk tetap waspada dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.