Jelang Masa Tenang, KPU Jember Kerahkan 30 Armada Kirim Puluhan Ribu Paket Logistik Pemilu

KPU bersama Bupati dan jajaran Forkopimda Jember, KPU saat melepas distribusi logistik pemilu 2024 dari Gudang Logistik KPU Jember di jalan raya Imam Bonjol Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates menuju seluruh kecamatan di Kabupaten Jember/RMOLJatim
KPU bersama Bupati dan jajaran Forkopimda Jember, KPU saat melepas distribusi logistik pemilu 2024 dari Gudang Logistik KPU Jember di jalan raya Imam Bonjol Kelurahan Tegal Besar Kecamatan Kaliwates menuju seluruh kecamatan di Kabupaten Jember/RMOLJatim

Menjelang masa tenang kampanye, KPU Kabupaten Jember kembali mendistribusikan semua paket logistik Pemilu 2024.


Distribusi logistik kali ini mengerahkan hingga 30 unit armada supaya puluhan logistik sampai ke tingkat kecamatan secara serentak di tingkat kecamatan, pada Sabtu (10/2). 

"Logistik yang didistribusikan KPU saat ini sudah paket komplit," kata Ketua KPU Jember, Muhammad Syai'in, dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Dia menjelaskan bahwa saat ini adalah distribusi ketiga dengan membawa sekitar 26.067 logistik Pemilu, yang diangkut dari Gudang Logistik Temprina Kaliwates Jember menuju ke sejumlah kecamatan di Jember.

"Masing-masing terdiri dari lima jenis kotak suara dan surat suara, bilik suara, tinta, segel, kertas plano, dan beberapa lainnya," katanya.

Jumlah logistik yang sudah terdistribusi sebanyak 26.067 untuk logistik pada lima kotak suara. Total yang terkirim sudah hampir 95 persen lebih. Jika tidak halangan dalam satu dua hari ini, seluruh logistik itu sudah distribusikan.

Syai'in menjamin keseluruhan logistik yang didistribusikan aman dari hujan, panas dan kelembaban. Sebab, logistik tersebut telah diberi pengamanan plastik sebagai antisipasi dari hujan dan panas. Bahkan armada pengangkut juga dilapisi dengan terpal dan alas.

Selain itu, proses pendistribusian logistik tahap ketiga ini juga mendapat pengawalan langsung dari Polisi, TNI, Satpol-PP beserta sejumlah organisasi perangkat daerah Pemkab Jember.

Bupati Jember, H Hendy Siswanto memberikan apresiasi terhadap KPU Jember karena sudah menjalankan tugasnya dengan baik, yakni mendistribusikan dan pemenuhan logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Jember.

"Saya mewakili Pemerintah mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada teman-teman KPU Jember karena sudah melaksanakan tugasnya dengan baik dan lancar," ujar dia dalam sambutannya.

"Saya mohon kepada warga Kabupaten seluruhnya agar datang ke TPS masing-masing untuk menyumbangkan suaranya sehingga target suara yang masuk di Kabupaten Jember mencapai 90 persen bahkan bisa lebih," sambungnya.

Kabupaten Jember mempunyai target suara yang masuk atau berkontribusi untuk Pemilu 2024 sangat tinggi sehingga semua harus saling mengingatkan kepada warga Jember untuk datang ke TPS masing-masing dan menyumbangkan suaranya untuk Pemilu 2024.

Kapolres Jember, AKBP Bayu Pratama Gubunagi menegaskan kepolisian bersama TNI telah bergerak untuk mengamankan pendistribusian logistik pemilu.

Pengamanan itu, lanjut dia, juga akan dilakukan saat memasuki masa tenang Pemilu 2024, sejak tanggal 11, 12, dan 13 Februari, sebelum nantinya memasuki pemungutan suara di tanggal 14 Februari 2024.

"Kami bersama TNI dan Satpol-PP akan semakin intens di masyarakat untuk mengantisipasi berbagai kerawanan Kamtibmas di masa tenang," katanya.