Kick Off Piala Soeratin U13/15 Digelar, Begini kata Askab PSSI Ngawi

Muh Hasan Zunairi membuka gelaran Piala Soeratin U13/15 Kabupaten Ngawi/RMOLJatim
Muh Hasan Zunairi membuka gelaran Piala Soeratin U13/15 Kabupaten Ngawi/RMOLJatim

Kick off Piala Soeratin U13/15 tahun 2022 wilayah Kabupaten Ngawi mulai digelar dengan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 secara ketat. Ajang kompetisi yang digelar oleh Askab PSSI Kabupaten Ngawi ini mulai dipertandingkan selama dua hari antara 14-15 Januari 2022. 


Sekretaris Askab PSSI Kabupaten Ngawi, Muh Hasan Zunairi mengatakan Piala Soeratin U13/15 dihelat dengan menggunakan dua venue melibatkan 15 tim. Untuk kelompok U13 digelar mengambil lapangan di Desa Teguhan, Kecamatan Paron sedangkan U15 di lapangan Desa Watualang masuk Kecamatan Ngawi Kota.

"Event untuk kelompok umur ini digelar guna menjaring sekaligus pembinaan terhadap pemain muda dari SSB yang ada di Ngawi. Dari gelaran ini nantinya akan muncul para pemain muda yang kompetitif," terang Muh Hasan Zunairi, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (14/1).

Diakuinya, ajang Piala Soeratin 2022 untuk kelompok umur dua tahun sebelumnya sengaja tidak digulirkan akibat pandemi Covid-19. Namun, Kabupaten Ngawi saat ini masuk level 1 sehingga ajang sepak bola untuk kategori umur bisa diputar meskipun harus prokes ketat. 

Kemudian Hasan mencatat, pada Piala Soeratin 2022 kali ini memang regulasinya berbeda yang harus dipatuhi oleh semua tim peserta. Dimana, dari semua tim SSB pemainya harus berdomisili di Kabupaten Ngawi. Artinya tim SSB tidak diperbolehkan mengambil pemain dari luar daerah. 

"Semua pemain di tim SSB harus tercatat sebagai warga Ngawi yang dibuktikan dengan administrasi kependudukan berupa KK maupun Akte kelahiran. Tujuanya untuk menjaring pemain yang asli dan domisili di Ngawi," tandas Muh Hasan Zunairi. 

Setelah penyisihan, fase grup akan dilanjutkan pada babak final yang digelar di Stadion Ketonggo Ngawi pada Rabu, (19/1), pekan mendatang. Kemudian bagi tim yang keluar juara sesuai kelompok umur dipastikan akan mewakili tim SSB dari Ngawi untuk event di tingkat propinsi Jawa Timur.